Inilah Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah

Kita semua pasti tahu sayur-sayuran termasuk makanan sehat. Yang sering orang lakukan adalah mengkonsumsinya  secara mentah tentunya setelah dicuci bersih dulu. Hal ini biasanya dilakukan demi mendapatkan segala kebaikan yang terkandung dalam sayuran.

Sebagian orang meyakini bahwa sayuran lebih baik dimakan mentah daripada dimasak. Sebab, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah dan sayuran mentah tersebut dianggap masih utuh.

Meskipun sayuran sudah terbukti sebagai makanan sehat,  namun anda harus tahu bahwa tidak
semua sayuran itu baik bila dimakan mentah lo. Ternyata ada beberapa jenis sayur yang lebih berkhasiat jika dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Bahkan, jika sayuran ini dimakan mentah, justru dapat menimbulkan keracunan bagi sebagian orang. Berikut ini ragam sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi mentah.

1. Tomat

bahaya makan sayuran mentah

Sebenarnya makan irisan tomat mentah hingga minum jus tomat segar itu tidak dilarang. Ada baiknya jika Anda merebus tomat selama 15 menit, kadar likopen akan meningkat sebanyak 171 persen. Jangan merebusnya lebih dari 15 menit, karena bisa menghilangkan sebagian besar kandungan vitamin C dalam tomat.

Manfaat likopen  ( zat antioksidan ) dalam tomat akan lebih melimpah jika tomat tersebut dimasak terlebih dahulu. Proses memasak ini bertujuan untuk membantu penyerapan likopen lebih baik di dalam tubuh.


2. Kentang

Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Mentah

Kentang mentah mengandung konsentrasi solanin yang tinggi dan menimbulkan racun bagi tubuh. Pastikan Anda memasak kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Hal ini karena, kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menyebabkan sakit perut bahkan membuat Anda keracunan.

3. Terong

terong dilarang dimakan mentah

Terong biasanya dimakan sebagai lalapan bersama sambal. Namun terong mentah disebut-sebut mengandung senyawa solanin. Senyawa ini dapat menghambat penyerapan kalsium. Solanin sendiri bisa menjadi racun yang menyebalkan bagi tubuh manusia. Keracunan solanin menyebabkan beberapa gejala umum seperti muntah, kram perut, mual, sakit kepala, dan diare.

Untuk bisa menyebabkan keracunan, orang harus mengonsumsi lebih dari 1 kg terong. Jadi sebenarnya untuk terong masih aman-aman saja kalau kita mengonsumsinya sebagai lalapan mentah. Namun alangkah baiknya jika terong dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus maupun digoreng untuk mengurangi kandungan solanin pada terong. 

4. Bayam

bahaya makan sayuran bayam mentah

Bayam sebaiknya Anda tidak dibiarkan terlalu lama di udara terbuka karena zat besi ion ferro bisa berubah menjadi ion ferri yang berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi ion ferri dalam jumlah besar akan memperberat kinerja lamban Jadi sebaiknya bayam dimasak dulu sebelum disantap. Sebab bayam yang sudah dimasak memiliki lebih banyak kalsium, zat besi, dan magnesium. Selain itu bayam yang dimasak juga bisa meningkatkan kandungan antioksidannya.


5. Kacang polong

bahaya makan kacang polong mentah

Beberapa varietas kacang dikenal berbahaya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kacang polong mengandung glikosida sianogen. Senyawa ini merupakan bagian dari keluarga sianida. Untuk membuang racun, kacang polong perlu direndam terlebih dahulu.

6. Brokoli dan kembang kol

Brokoli jangan dimakan mentah

Brokoli dan kembang kol adalah sayuran yang mirip bentuknya dan dapat dikonsumsi mentah.
Bahkan, brokoli mengandung nutrisi yang lebih banyak ketika dimakan mentah. Tapi bagi sebagian orang, khususnya yang punya masalah pencernaan, sistem pencernaan akan bekerja keras ketika Anda mengonsumsi brokoli ataupun kembang kol mentah.

Memasak brokoli dan kembang kol adalah pilihan yang lebih baik jika ingin mendapatkan manfaat nutrisinya.

Kandungan gizi yang berada di dalam sayuran terbukti sangat baik untuk kesehatan karena kandungan seratnya sangat diperlukan tubuh. Jika ingin terhindar dari keracunan dan mendapatkan manfaat maksimal dari sayuran, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut dalam kondisi matang.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel