Cara Memilih dan Menyimpan Wortel agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Wortel merupakan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan paling banyak pada wortel adalah air dan karbohidrat. Wortel tidak banyak mengandung lemak dan protein, namun kaya akan vitamin. Salah satunya adalah vitamin A dalam bentuk beta karoten. yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Cara Memilih dan Menyimpan Worte


Wortel bisa dimakan mentah misalnya asinan maupun diolah menjadi jus yang segar. Namun tidak semua orang menyukai jus wortel. Mungkin karena aroma dan rasa langu yang dimilikinya menyebabkan sayuran ini tidak disukai. Untuk menghilangkan rasa langu pada jus wortel, bisa ditambahkan madu.

Selain bisa dikonsumsi sebagai minuman, sayuran berwarna oranye ini juga bisa diolah menjadi menu yang enak dan lezat. Wortel biasanya sering dijadikan soup. Namun, wortel juga bisa diolah dengan cara ditumis menjadi hidangan lainnya misalnya cap cay. Menariknya lagi, wortel juga bisa diolah menjadi camilan renyah yaitu keripik.

Bagi Anda yang malas keluar rumah biasanya membeli wortel dalam jumlah yang banyak untuk persediaan. Sayangnya, sering kali wortel yang sudah dibeli tersebut cepat busuk dan tidak segar lagi. Ternyata hal ini disebabkan cara penyimpanan yang tidak tepat. Untuk itulah, di sini kami ingin berbagi cara memilih dan menyimpan wortel agar tetap segar dan tahan lama. Berikut ini caranya.

Cara Memilih Wortel Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Wortel adalah jenis sayuran yang selalu ada di pasaran. Tidak sulit untuk mendapatkan sayuran yang satu ini karena kita bisa membelinya di pasar tradisional, pasar modern, maupun pedagang sayur keliling.

Ketika membeli wortel, yang harus diperhatikan adalah tekstur kulit yang halus serta warnanya yang terang. Pastikan tekstur kulit dan warna wortel tersebut merata. Jangan membeli wortel yang sudah bertunas, berubah warna atau retak. Selain itu, harus diperhatikan juga bagian pangkal batang wortel yang akan dipilih. Pastikan daunnya tidak layu dan berwarna hijau segar

Di Indonesia sendiri ada dua jenis wortel yaitu wortel impor dan wortel lokal. Wortel impor lebih besar, tebal, dan berwarna jingga mencolok. Wortel impor biasanya harganya lebih mahal daripada wortel lokal.

Jika ingin membeli wortel impor, sebaiknya pilih yang besar dan tidak bengkok. Perhatikan juga ujung tangkainya jika ada lingkaran kecil. Artinya, wortel impor tersebut masih muda. Sama halnya dengan wortel impor, carilah wortel lokal yang masih muda.

Penting juga untuk memilih wortel berwarna jingga terang dan merata. Jika bagian pangkal daun berwarna kehijauan, artinya wortel sudah cukup tua. Jangan pilih wortel yang bertunas atau retak karena kualitasnya sudah rusak. Jangan pula memilih wortel dengan lingkar batang yang terlalu besar, karena wortel dengan lingkar batang yang besar tandanya sudah tua.

Cara Menyimpan Wortel Agar Tetap Segar dan Tahan Lama


Agar wortel tetap segar, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun sebelum menyimpannya di dalam kulkas, Anda tidak perlu mencucinya terlebih dahulu. Akan lebih baik apabila wortel dicuci ketika hendak diolah.

Jika wortel masih ada daunnya, potong terlebih dahulu daunnya sebelum dimasukan ke dalam kulkas. Karena jika disimpan dengan keadaan daun yang masih utuh, maka daun tersebut akan menghisap kelembaban wortel sehingga akan membuat wortel menjadi mudah layu dan kering.

Sebelum disimpan ke dalam kulkas, terlebih dahulu masukan wortel ke dalam wadah atau plastik berisi air dingin. Pastikan air merendam semua wortel dalam wadah. Tutup wadah penyimpanan dan pastikan kedap udara. Setelah itu simpan wadah tersebut ke dalam kulkas. Ganti air rendaman wortel jika sudah keruh. Wortel bisa tahan dalam kulkas selama 2 minggu.

Nah, sekarang kita sudah tahu cara memilih dan menyimpan wortel agar tetap segar dan tahan lama. Akhir kata, terima kasih sudah membaca :)

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih dan Menyimpan Wortel agar Tetap Segar dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel