10 Manfaat Susu Kedelai dan Cara Membuatnya

Susu kedelai adalah jenis susu yang dibuat dari kacang kedelai. Warnanya putih mirip dengan susu. Rasanyapun enak, maka tidak heran jika susu kedelai atau yang lazim disebut sari kedelai ini disukai anak-anak bahkan orang dewasa.

Manfaat dan cara membuat susu kedelai


Susu kedelai paling enak disajikan dalam keadaan dingin dan sangat cocok diminum ketika cuaca terik. Kandungan yang ada pada kacang kedelai adalah protein nabati yang baik untuk asupan gizi karena komposisi hampir sama dengan susu yaitu : 3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat.

Tidak diragukan lagi, susu kedelai memang memiliki banyak manfaat. Susu kedelai juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Karena susu kedelai tidak mengandung laktosa, susu ini aman untuk dikonsumsi oleh bayi, terutama bagi bayi yang alergi susu sapi. Susu kedelai untuk bayi adalah Formula soya yaitu formula yang terbuat dari isolat protein kedelai dan bahan-bahan lainnya yang telah difortifikasi sesuai kebutuhan si kecil.

Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai umumnya dikonsumsi oleh mereka yang alergi pada susu sapi. Namun, setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang terkandung dalam susu kedelai, minuman ini pun banyak dikonsumsi. Ada beberapa manfaat susu kedelai. Berikut manfaat susu kedelai dan ulasannya.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Susu kedelai juga mengandung vitamin E yang baik sebagai pencegahan terhadap penyakit stroke dan juga jantung koroner. Vitamin E pada sari kedelai akan mencegah terjadinya plak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab pembuluh darah tersumbat. Sementara kandungan asam folat serta vitamin B6 berperan untuk pencegahan penyakit jantung.

Mengurangi Gejala Pra-Menstruasi

Susu kedelai banyak mengandung magnesium serta kalsium sehingga membantu dalam mengatasi gejala pra menstruasi sehingga sangat disarankan untuk para wanita agar rajin mengkonsumsi susu kedelai.


Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak seperti susu sapi yang memiliki lemak jenuh yang tinggi, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh serta non kolesterol. Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke aliran darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan lesitin akan membuat kolesterol larut dalam darah yang akan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan kandungan isoflavon-nya bertugas sebagai antioksidan dan meningkatkan kadar kolesterol baik

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau tulag keropos merupakan penyakit yang disebabkan faktor usia serta berkurangnya produksi hormon. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai mampu untuk mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh serta dapat mencegah hilangnya massa tulang yang dapat mengakibatkan osteoporosis. Untuk mencegah osteoporosis, konsumsi susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan serta memiliki kandungan vitamin D.

Mencegah Kanker

Salah satu penyakit ganas yakni kanker juga bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai yang banyak mengandung mineral, protein serta vitamin. Selain itu, kandungan selenium akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker.

Anti Aging

Memiliki wajah yang awet muda adalah dambaan semua orang. Salah satu cara terbaik adalah mengkonsumsi susu kedelai yang mengandung vitamin E, vitamin B, vitamin C, Beta-Karoten, Chromium, Selenium, Kalsium, Tembaga, Magnesium, dan juga Isoflavon yang sangat baik untuk Anda yang ingin awet muda.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Kebutuhan akan nutrisi bagi ibu hamil seperti vitamin, asam folat, omega 3, protein, kalsium dan berbagai mineral lainnya bisa didapatkan secara lengkap hanya dengan mengkonsumsi sari kedelai secara rutin. Tidak hanya mencukupi gizi, namun sari kedelai juga akan mengurangi rasa mual saat masa kehamilan sekaligus meningkatkan pertumbuhan janin semakin optimal.

Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam pada wajah terjadi karena penuaan dini, tidak menjaga kebersihan kulit dan terlalu sering terkena sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin yang akan secara perlahan membuat noda hitam di area wajah semakin berkurang.

Melembabkan Kulit

Pelembab alami juga terkandung di dalam manfaat susu kedelai yang akan memperbaiki sel kulit mati sekaligus mencegah dehidrasi organ di dalam tubuh. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin untuk kulit yang lembap, lembut sekaligus segar setiap hari.

Pengganti Susu

Anda yang alergi laktosa atau menderita galaktosemia, susu kedelai bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan asam amino esensial. Kandungan mineral dan protein susu kedelai paling lengkap dibandingkan alternatif pengganti susu sapi lainnya. Terlebih dengan adanya kandungan isoflavon, yang membuat susu kedelai mempunyai kandungan lebih dibanding alternatif pengganti susu lainnya.

Cara Membuat Susu Kedelai Murni

Bahan :
1. Biji kedelai 1/4 kg
2. 3 liter air
3. Daun pandan 3 lembar
4. Garam 1 sdt
5. Gula secukupnya


Cara membuat :


  1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi dan buang kulitnya.
  2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 3 liter air. Lalu saring dengan kain katun bersih sebelum direbus.
  3. Rebus susu kedelai, daun pandan dengan api sedang. Tambahkan sedikit garam. Agar tidak mudah basi setelah susu kedelai mendidih matikan api lalu didihkan lagi.
  4. Jika ingin mengkonsumsinya tambahkan gula secukupnya.
  5. Simpan sisa susu kedelai di dalam kulkas. Letakkan di bawah freezer.


Demikianlah artikel yang mengulas tentang 10 manfaat susu kedelai dan cara membuatnya. Harap diingat bahwa setiap yang memiliki manfaat untuk kesehatan, tentunya juga dapat memberikan bahaya jika tidak dikonsumsi secara bijak. Oleh karena itu, konsumsilah kedelai dengan tidak berlebihan dan tetap memperhatikan asupan makanan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Susu Kedelai dan Cara Membuatnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel