Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pembicara memang menyenangkan, namun Anda harus bisa menyesuaikan diri agar bisa mencari cara menjadi pendengar yang baik. Jika tidak, maka Anda dianggap sebagai seseorang yang egois dan hanya ingin menang sendiri saja. Menjadi pendengar yang baik juga berarti Anda tau cara menghargai orang lain saat mengutarakan jalan pikiran atau pendapat mereka. Dengan begitu, mereka juga pastinya akan respect dan menghargai Anda sebagaimana mestinya.

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Proses ini tidak hanya Anda perhatikan saat berkomunikasi dengan orang yang lebih dewasa saja, namun pastinya semua kalangan. Terutama saat Anda mungkin merasa sudah tidak nyaman lagi
berbicara dengan seseorang, namun tetap harus memperlihatkan bahwa Anda menghargai mereka. Jika tidak adanya bekal pengetahuan cara menjadi pendengar yang baik, pasti Anda bisa saja bertindak tidak sopan. Seperti mencoba memotong pembicaraan atau cara lain yang seharusnya tidak Anda lakukan.

Berikut ini ada beberapa paparan mengenai bagaimana cara yang bisa Anda coba agar bisa menjadi seorang pendengar yang baik.

1. Mendengarkan

Menjadi pendengar berarti Anda harus tau cara mendengar, sama juga halnya dengan ingin menjadi penulis maka harus tau cara menulis. Tetapi, mendengarkan disini bukan berarti Anda hanya tinggal memasang kuping saja ke arah lawan bicara. Tapi, bagaimana Anda bersikap dan bagaimana gaya tubuh Anda seharusnya saat berkomunikasi juga harus diperhatikan. Pastikan Anda meyakinkan lawan bicara bahwa Anda masih fokus dan memperhatikan omongannya.

2. Fokus

Jangan sampai sedang diskusi akan suatu topik Anda itu hilang fokus atau memperhatikan hal lain meski sebentar. Hal yang sering terjadi ialah seperti tiba-tiba mengecek handphone atau hanya sekedar membuka kunci screen. Hal ini menjelaskan bahwa Anda tidak fokus dan merasa bosan
dengan topik yang lawan bicara bicarakan.

3. Memposisikan diri sebagai pembicara

Jika Anda menukar posisi dan pretend menjadi si pembicara, apakah Anda terima dengan sikap lawan bicara yang tidak mendengar? Pastinya tidak. Maka, jika ingin didengarkan Anda harus mendengarkan terlebih dahulu.

4. Diam

Diam yang dimaksud dari cara menjadi pendengar yang baik bukan berarti Anda menjadi patung dan mendengar keseluruhan dari cerita mereka. Dalam sebuah diskusi itu Anda bisa saja tiba-tiba masuk ke dalam pembicaraan atau topik. Tetapi, pastikan Anda menyampaikan pendapat di waktu atau timing yang tepat. Karena, jika Anda berbicara saat mereka berbicara pastinya tidak sopan.


5. Klarifikasi agar tidak salah persepsi 

Saat lawan bicara Anda selesai menyampaikan masalahnya, langsung klarifikasi jika tidak ada yang tidak Anda pahami. Jangan merasa segan atau menerima informasi sekedarnya saja jika memang lawan bicara orang penting bagi Anda. Dengan bertanya atau klarifikasi memperlihatkan bahwa Anda memang menjadi pendengar yang baik untuk dirinya.

Setelah memahami beberapa paparan di atas, coba untuk segera mencoba cara dan tips yang diberikan. Dengan menerapkan beberapa tips-tips tersebut, Anda akan memahami bagaimana cara menjadi seorang pendengar yang baik. Semoga penjelasan untuk cara menjadi pendengar yang baik di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi Pendengar yang Baik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel