Cara Ampuh Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda

Kemampuan menulis ternyata bisa dikembangkan dan diasah sendiri dengan mencari tau cara ampuh meningkatkan kemampuan menulis Anda. Tidak masalah Anda hendak menjadi penulis buku, blogger, puisi, maupun cerita anak Anda harus tau pengetahuan basic menulis. Terkadang tidak mudah untuk beberapa kalangan bisa mempelajari hal ini secara otodidak. Namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa menguasai cara dan teknik berdasarkan kapasitas diri sendiri.

Meningkatkan Kemampuan Menulis


Meningkatkan kemampuan menulis


Berikut ini ada beberapa tips dan cara ampuh meningkatkan kemampuan menulis Anda
yang mungkin belum pernah Anda temui:

1. Banyak membaca

Proses menulis ialah menuangkan ide dan gagasan yang ada di kepala Anda menjadi sebuah tulisan yang bermakna. Jika tulisan yang Anda tulis hanya beberapa gabungan kata namun tidak memiliki makna, maka sama saja. Oleh karena itu, agar tulisan Anda bisa dihargai dan memiliki nilai perbanyaklah membaca. Sehingga, pengetahuan Anda semakin hari akan semakin bertambah serta topik tulisan yang ditulis juga lebih bervariasi.

2. Bergabung dalam komunitas

Komunitas yang paling tepat untuk Anda ikut serta tidak lain adalah komunitas menulis. Disana Anda akan bertemu dengan individu serta kelompok yang pastinya memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda. Tidak harus mencari komunitas offline jika waktu Anda tidak bisa menyesuaikan, karena sekarang sudah banyak komunitas online juga.

3. Ikut kursus dan seminar

Jangan malas dan selalu tumbuhkan rasa haus ilmu jika ingin menjadi penulis handal. Karena, menjadi penulis dengan ide dan gagasan uniknya itu memang sulit. Maka, jika Anda menemui beberapa event, kursus, dan seminar tentang menulis jangan ragu untuk ikut. Tidak harus target langsung bisa menulis, setidaknya ada banyak ilmu baru yang akan Anda pelajari disana.

4. Praktik langsung

Dengan bergabungnya Anda di komunitas, sebenarnya ini menjadi langkah awal yang baik untuk cara ampuh meningkatkan kemampuan menulis Anda. Karena disana biasanya mereka akan mengadakan program menulis rutin, setidaknya sebulan sekali. Pada program tersebut Anda bisa ikut serta
menulis tulisan sesuai dengan tema yang ditentukan. Jangan malu dan minder, tidak masalah mereka memberikan senyuman pada tulisan Anda yang masih dikategorikan basic tersebut.

5. Berlatih sendiri

Untuk cara ampuh meningkatkan kemampuan menulis Anda selanjutnya, bisa dengan berlatih sendiri. Caranya, Anda membuat target mingguan akan mampu menulis berapa topik atau bahasan. Tentukan juga format tulisan yang enak dibaca oleh orang lain. Menulis juga berupa seni yang harus Anda perhatikan keindahannya. Kalau menulis asal-asalan, anak-anak setingkat Sekolah Dasar juga bisa melakukannya.

Oleh karena itu, penting sekali pengetahuan tentang menulis yang harus Anda pahami sebelum langsung menulis. Memang tidak harus semua materi Anda transfer ke otak, namun ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar kualitas tulisan Anda berbeda dengan lainnya. Jangan pernah berhenti mencari tau informasi baru mengenai cara ampuh meningkatkan kemampuan menulis Anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel