Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung ?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa telapak tangan berkeringat ini merupakan tanda atau gejala penyakit jantung. Namun apakah hal tersebut benar atau hanya sekedar mitos belaka? Hal ini tentu
membuat masyarakat awam menjadi khawatir ketika mendapati telapak tangannya berkeringat. Akan tetapi, Anda tidak boleh panik terlebih dahulu dan sebaiknya pastikan terlebih dahulu kepada dokter, apa benar hal tersebut merupakan tanda penyakit jantung.

Telapak Tangan Berkeringat


Pendapat Medis Tentang Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung 

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan produksi keringat pada tubuh manusia menjadi berlebih, salah satunya di telapak tangan. Kemudian terkadang keringat berlebih ini berada di telapak kaki. Hal ini bisa terjadi karena pada tubuh seseorang ini memiliki hormon tiroid berlebihan di dalam darah atau sering disebut hipertiroid. Sehingga memungkinkan seseorang mengalami telapak tangan atau telapak kakinya berkeringat.

Kemudian selain di sebabkan oleh hormon tiroid yang berlebih atau hipertiroid, telapak tangan berkeringat juga bisa disebabkan oleh pembakaran berlebih pada sel-sel tubuh manusia. Sehingga
memungkinkan keringat berlebih muncul di telapak tangan atau di telapak kaki Anda. Lalu mengapa hal ini sering dikaitkan dengan penyakit jantung? Hal ini dikarenakan kedua penyebab ini sama-sama membuat jatung berdetak lebih cepat.

Penyebab Telapak Tangan Menjadi Berkeringat 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa keringat yang berlebih pada telapak tangan maupun telapak kaki ini belum tentu disebabkan oleh penyakit jantung. Karena keringat berlebih yang muncul ini bisa disebabkan oleh hipertiroid atau pembakaran sel-sel tubuh yang berlebih. Maka, pernyataan tentang telapak tangan yang berkeringat ini tidak bisa dijadikan bahwa, seseorang tersebut telah mengidap penyakit jantung.

Karena pada dasarnya penyakit lemah jantung ini memiliki beberapa tanda-tanda tertentu yaitu seperti mudah lelah, rasa sesak pada pernapasan, detak jantung tak teratur, gangguan memori, dan juga nafsu makan rendah. Selain itu, bagi seseorang yang mengalami telapak tangan berkeringat karena kelebihan hormon tiroid ini biasanya juga mengalami beberapa gejala, diantaranya yaitu seperti berikut :

  • Berat badan turun dan badan menjadi kurus
  • Berdebar-debar
  • Gelisah
  • Tangan tremor
  • Berdebar-debar
  • Tidur tidak nyenyak
  • Gemetar
  • Otot lengan atas dan paha terasa lemas


Apabila hormon tiroid pada tubuh Anda terlalu berlebih dan menyebabkan berbagai macam gejala, maka sebaiknya Anda segera periksa dan konsultasikan kepada dokter. Karena apabila Anda diamkan tanpa ada tindakan, mungkin bisa menjadi penyakit yang lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Maka, sebaiknya perhatikan segala gejala-gejala yang terjadi pada tubuh Anda.

Selain itu, dengan pergi ke dokter Anda bisa segera mendapatkan informasi tentang gejala yang terjadi pada tubuh Anda dan bisa segera mendapatkan penanganan dengan baik. Jadi, sebelum Anda menyimpulkan bahwa telapak tangan berkeringat adalah tanda penyakit jantung, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Belum ada Komentar untuk "Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel