Mana yang Lebih Sehat? Teh Panas atau Es Teh yang Dingin?

Teh adalah  salah satu jenis minuman yang sangat digemari oleh semua orang. Selain bisa dikonsumsi dalam keadaan apapun, teh merupakan salah satu minuman yang praktis  dan mudah dibuat bahkan saat ini teh tersedia teh siap minum dalam kemasan. Teh juga dapat diminum dalam keadaan panas ataupun dingin tergantung selera masing-masing.

Mana yang Lebih Sehat Teh Panas atau Es Teh yang Dingin


Mengkonsumsi es teh pada saat cuaca sedang terik memang sangat menyegarkan, sementara mengkonsumsi teh panas ketika cuaca sedang dingin bisa membuat badan lebih hangat. Namun, pasti kita pernah berfikir, manakah yang lebih sehat? minum teh panas atau kah es teh?

Manfaat Minum Teh Panas 

Tidak banyak orang yang menyukai mengkonsumsi teh dalam kondisi yang panas, padahal teh panas memiliki beberapa kelebihan dan juga manfaat. Salah satunya adalah untuk menurunkan resiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan zat antioksidan dalam teh panas lebih mudah bercampur dengan air, sehingga dapat diserap dengan mudah oleh tubuh kita.

Manfaat mengkomsumsi teh panas yang lain yaitu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga menguatkan tulang. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan pemanis tambahan pada teh. Mengonsumsi gula secara berlebih justru malah bisa memicu efek buruk untuk kesehatan Anda seperti penyakit diabetes. Oleh karena itu, gunakanlah pemanis secukupnya agar manfaat teh panas bisa lebih maksimal.

Manfaat Minum Es Teh

Es teh sangat mudah kita temui, hampir di setiap warung atau restoran menyediakan es teh. Memang meminum es teh bisa menyegarkan tubuh terutama pada saat cuaca sedang panas. Namun ternyata es teh juga memiliki manfaat yang belum banyak diketahui oleh orang. Salah satunya adalah dapat membantu kita mengatasi stress dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu es teh juga banyak digunakan sebagai pengganti minuman yang bersoda oleh sebagian orang. Hal ini karena es teh ternyata dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Hanya saja hal yang perlu diingat adalah penggunaan es batu dan juga bahan pemanis tambahan pada es teh. Anda harus memastikan bahwa es yang digunakan berasal dari air matang yang diiproses higienis.

Untuk memperoleh manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam teh, memang harus diperhatikan cara penyajiannya, baik dalam keadaan panas ataupun dingin, teh tetap memiliki manfaat hanya saja yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan lain yang dicampur ke dalam seduhan teh. Memang untuk memperoleh manfaat dari kandungan teh, tubuh kita memerlukan waktu yang lebih lama.

Ada baiknya untuk menunggu sekitar 4 jam sebelum disajikan, sehingga setelah diseduh biarkan terlebih dulu teh. Sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga dan dapat terserap oleh tubuh meskipun disajikan secara panas ataupun dingin.

Belum ada Komentar untuk "Mana yang Lebih Sehat? Teh Panas atau Es Teh yang Dingin?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel