Makanan untuk Memperbanyak dan Melancarkan ASI

Bagi seorang ibu, memperbanyak dan melancarkan ASI ketika sedang menyusui merupakan hal yang sangat penting. Karena bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, biasanya mereka mengalami masalah ketika ASI tidak mau keluar. Namun setelah 3-4 hari ASI baru keluar, maka untuk bisa memberikan asupan ASI yang cukup untuk si Kecil Anda bisa mengonsumsi makanan yang berkhasiat untuk memperbanyak ASI, seperti berikut ini.

Makanan untuk Memperbanyak dan Melancarkan ASI

Mengonsumsi Sayuran Berwarna Hijau Tua

Untuk bisa menghasilkan air ASI yang banyak dan lancar, seorang ibu menyusui bisa mengonsumsi satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap harinya. Beberapa sayur yang bisa Anda konsumsi yaitu seperti bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Tanaman ini berfungsi sebagai salah satu makanan untuk memperbanyak ASI, karena sayuran hijau kaya akan nutrisi serta berbagai kandungan lainnya.

Sayuran hijau memiliki jumlah kalsium, folat, riboflavin, dan betakaroten yang cukup tinggi. Selain itu, sayuran hijau seperti bayam juga sangat kaya akan zat besi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa rendahnya kadar zat besi pada tubuh ibu menyusui akan membuat suplai ASI ibu menjadi menurun. Maka dari itu, untuk memperbanyak dan melancarkan ASI Anda bisa mengonsumsi sayur hijau seperti bayam.

Ikan Salmon Sebagai Sumber Protein

Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Selain itu, ikan salmon juga mengandung lemak DHA yang sangat penting untuk perkembangan sistem syaraf pada bayi.  Kemudian ikan ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sebagai pengganti susu. Maka dari itu, tak heran jika salmon dijadikan sebagai salah satu makanan untuk memperbanyak
dan melancarkan ASI. Selain itu, dengan mengonsumsi salmon kebutuhan gizi ibu juga bisa tercukupi dengan baik.

Kacang-kacangan Kaya Akan Zat Besi

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang mengandung serat serta sangat baik untuk
sistem pencernaan. Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang lainnya memiliki kandungan zat besi, vitamin, mineral, dan protein yang sangat baik untuk ibu menyusui. Akan tetapi, saat mengonsumsi kacang-kacangan terkadang membuat ibu menjadi sedikit kembung. Namun, untungnya hal ini tidak berpengaruh terhadap Si Kecil.

Mengonsumsi Buah Kurma

Buah kurma juga menjadi salah satu makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan jumlah ASI. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan mampu menaikkan prolaktin, yaitu hormon yang berfungsi untuk membantu seorang ibu untuk menghasilkan ASI setelah melahirkan. Selain itu, buah kurma juga mengandung serat yang sangat tinggi. Maka dari itu, dengan mengonsumsi kurma Anda bisa meningkatkan produktifitas ASI untuk Si Kecil.

Itulah beberapa makanan yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan dan memperbanyak ASI untuk ibu menyusui. Sehingga bagi Anda yang sedang menyusui setelah melahirkan, maka dengan mengonsumsi sayuran hijau, ikan salmon, kacang-kacangan, dan kurma bisa memperbanyak dan melancarkan ASI. Dengan begitu, asupan ASI untuk Si Kecil bisa tercukupi dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Makanan untuk Memperbanyak dan Melancarkan ASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel