Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, tentunya kita sudah harus paham bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak. Karena saat ini, semua media social yang tersedia seperti twitter, instagram, facebook, dan lain-lain bisa memberikan dampak positif dan negative, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips dan trik mudah menggunakan media social yang baik dan bijak.

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak


Filter Pertemanan di Media Sosial 

Hampir di semua jenis media social dilengkapi dengan fitur filter pertemanan. Aktifkan mode tersebut sebagai cara menggunakan media sosial dengan bijak. Hal ini akan berpengaruh kepada jalinan sosialisasi anda di media sosial tersebut. Semakin jeli anda memilih pertemanan di media sosial, semakin meminimalisir kemungkinan kejahatan yang terjadi. Biasanya menu pilihan filter pertemanan di media sosial berbentuk private account.

Membagikan Informasi Seperlunya Saja

Hal ini yang biasanya selalu diabaikan para pengguna media sosial. Anda harus bersikap bijak dalam membagikan informasi tentang diri anda. Karena kebanyakan pelaku kejahatan bisa sukses melakukan aksinya, disebabkan karena adanya informasi pribadi yang detail dari si target. Cukuplah mempublish informasi umum saja, misalnya seperti nama, jenis kelamin dan pendidikan. Namun jika sudah mencantumkan alamat rumah, nomor telepon, dan informasi penting lainnya, sebaiknya jangan.

Pasang Foto Profil Sewajarnya

Kemudian cara menggunakan media sosial dengan bijak selanjutnya adalah dengan memasang foto profil sewajarnya saja. Foto merupakan identitas pertama kali dilihat oleh orang lain. Maka, melalui foto juga biasanya orang-orang akan bisa dengan mudah menilai anda. Apabila anda pasang foto yang cukup fulgar dan tidak enak dilihat, bayangkan saja apa yang ada dipikiran orang lain tentang foto tersebut.

Bijak Dalam Membagikan Konten

Bentuk konten itu macam-macam. Ada yang terbuat dari sebuah tulisan, gambar, video dan lain-lain. Maka semua konten tersebut bisa dilihat oleh semua khalayak dengan mudah. Diantara konten-konten yang tersebar itu ada yang bersifat positif dan negatif. Jika anda adalah salah satu orang yang sering merepost ataupun menyebarkan konten orang lain, maka mulai hari ini lebih bijak lagi dalam merepost atau menyebarkan konten milik orang lain. Karena kita tidak pernah tahu dampak apa yang nantinya akan menimpa anda.

Pikir Dulu Sebelum Buat Status

Jika anda merupakan type orang yang mudah membuat status atau istilahnya sering mencurahkan isi hatinya dengan mudah di media sosial, maka sebaiknya kurangi tindakan tersebut mulai sekarang. Karena anda tidak akan pernah tau, apa yang orang lain rasakan jika seandainya anda terus-terusan asal buat status di media sosial. Karena saat ini sudah banyak pengguna media sosial yang ditangkap karena dianggap membuat status yang mengandung sara, rasis ataupun propaganda.

Kesimpulan

Saat ini memang penting menggunakan sosial media. Bahkan bisa dikatakan, semua informasi yang anda butuhkan hampir semuanya ada di sosial media. Namun jangan sampai hanya karena bermain sosial media, anda menjadi celaka dan mendapat masalah. Lakukan semua cara menggunakan media sosial dengan bijak diatas, agar terhindar dari segala masalah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel