Cara Mendidik Anak Secara Islami | Menerapkan Islamic Parenting Dalam Keluarga

Akan ada keberkahan tersendiri bagi setiap umat muslim yang menerapkan cara mendidik anak secara islami didalam keluarganya. Lewat Al-Qur’an dan hadits, Rasullulah SAW telah menjelaskan panduan lengkap bagaimana cara mendidik anak, sesuai dengan porsi tanggung jawab dan posisi masing-masing orang tua. Ada beberapa hak yang perlu diberikan dan dipahami kepada orang tua terhadap anak, simak semua informasinya dibawah ini.

cara mendidik anak secara islami


Mendidik dan Mengenalkan Anak Tentang Tauhid

Hal ini merupakan pelajaran pertama yang paling utama untuk anak-anak. Orang tua sudah harus mengenalkan serta mengajari kalimat tauhid kepada sang anak. Minimal pada saat anak memasuki usia 3 tahun, latih ia mengucapkan kalimat tauhid “Laila ha illallah” sebanyak 7 kali dalam sehari. Maka, terus perdengarkan kalimat tersebut sampai sang anak sudah terlatih dan mahir dalam mengucapkannya. Kemudian memasuki usia 3 tahun 7 bulan ajari kalimat “Muhammad Rasullulah”.

Mendidik Anak Tentang Solat

Kemudian Imam Ash Shidiq dan Imam Al Baqir juga sudah menerangkan cara mendidik anak secara islami dalam kitabnya, yaitu salah satunya adalah dengan memperkenalkan serta mendidik tentang solat. Memasuki usia 5 tahun, biasanya sang anak sudah mulai tahu tentang arah. Ajari dan tanyakan, mana kanan dan kirinya, kemudian ajarkan dan beri tahu dimana arah kiblat, kemudian mulai ajarkan solat. Di usia tujuh tahun, sang anak sudah harus diajarkan dan diajak tentang cara membasuh muka, serta kedua telapak tangannya sebelum solat.

Ajari Cara Berwudhlu Dengan Benar

Dilanjutkan pada step berikutnya, ketika anak sudah memasuki usia 9 tahun, para orang tua sudah harus mengajari bagaimana cara wudhu yang lengkap. Beri tahu juga bahwa solat merupakan
kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Maka, setiap orang tua sudah diperbolehkan memberikan hukuman kepada sang anak, apabila meninggalkan solat. Biasanya di usia 9 tahun, sang anak sudah mulai mengerti tentang perintah dan larangan yang diberikan orang tua.


Perkenalkan Ibadah Serta Amalan Islam Lainnya

Ketika sang anak sudah memasuki usia yang mendekati baligh, maka cara mendidik anak secara islami yang harus dilakukan orang tua selanjutnya adalah dengan mengenalkannya pada ibadah serta amalan-amalan islam lainnya seperti solat sunah, dan lain-lain. Penting juga untuk mengenalkan sang anak tentang shaum atau menahan hawa nafsu atau puasa lahir dan batin.

Karena pada usia mendekati baligh, tentunya banyak kegelisahan secara biologis yang akan dirasakan sang anak. Orang tua harus pintar dalam membaca situasi dan terus memperkenalkan kepada sang anak apa saja larangan yang harus dihindari. Mulai dorong sang anak untuk hafalan Al-Qur’an juga supaya bisa menjalankan puasa lahir dan batin dengan tenang.

Jangan sampai para orang tua lengah dan menganggap bahwa mendidik anak serta memperkenalkan anak tentang ajaran islam, bisa dimulai kapan saja. Karena nantinya orang tua yang akan menyesal
jika sang anaknya tersebut tersesat dan melakukan perbuatan yang buruk. Terapkan semua cara mendidik anak secara islami diatas sejak dini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendidik Anak Secara Islami | Menerapkan Islamic Parenting Dalam Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel