Benarkah Tempe dan Tahu Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat?

Penderita asam urat memang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan secara sembarangan. Pantangan makan untuk orang yang menderita sakit asam urat adalah makanan yang mengandung
zat purin. Tingginya kadar zat purin dapat menyebabkan asam urat pada tubuh terutama pada bagian persendian. Sehingga cara yang paling ampuh untuk menangkal asam urat adalah dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi.

tempe memicu asam urat


Bukan rahasia lagi bila ada sebuah mitos yang berkembang di antara penderita asam urat bahwa tempe dan tahu bisa menyebabkan asam urat. Namun benarkah hal tersebut ataukah hanya sebuah mitos yang belum terbukti kebenarannya? Mari simak artikel berikut ini.

Tahu dan Tempe Bisa Menyebabkan Asam Urat? 

Tempe dan tahu mengandung protein nabati. Bagi orang Indonesia, pasti sudah sangat familiar dengan kedua jenis makanan tersebut. Sebenarnya kedua jenis makanan tersebut merupakan makanan yang memiliki gizi tinggi terutama protein nabati. Tempe dan tahu merupakan makanan yang merupakan hasil olahan dari kedelai. Namun benarkah tempe dan tahu menyebabkan asam urat?

Jawabannya adalah belum tentu, Asam urat disebabkan oleh tingginya zat purin sementara kedelai mengandung zat purin dalam jumlah yang sedikit sehingga bisa dibilang bukan makanan utama pemicu asam urat. Namun meskipun begitu bukan berarti mengonsumsi tempe dan tahu aman untuk penderita asam urat. Tetap saja tempe dan tahu harus diwaspadai bila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat.

Bolehkah Orang yang Memiliki Asam Urat Mengkonsumsi Tempe dan Tahu? 

Telah dikatakan sebelumnya jika penyebab asam urat adalah tingginya kadar zat purin yang terdapat di dalam darah sehingga menyebabkan gejala-gejala seperti timbulnya rasa nyeri. Pembengkakan yang disertai dengan sensai panas terutama pada bagian sendi, sehingga sulit untuk digerakkan. Biasanya bagian sendi yang sering terkena asam urat adalah jari kaki dan tangan, pergelangan kaki dan lutut.

Sementara bagi orang yang mengidap asam urat disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti jerohan ayam. Sehingga meskipun kadarnya sangat kecil, mengkonsumsi temped an tahu masih diperbolehkan dalam jumlah yang wajar. Membatasi konsumsi makanan tinggi purin bukan berarti bisa menghilangkan resiko asam urat. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih makanan.

Beberapa Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Orang yang Mengidap Asam Urat

Tempe dan tahu memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Namun ada beberapa jenis
makanan yang memang harus dihindari oleh orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat, diantaranya adalah :

  • Daging
  • merah.
  • Jeroan
  • seperti usus, hati, babat dsb.
  • Makanan
  • seafood seperti kepiting, kerang, udang dll.

Selain memperhatikan jenis makanan, cara pengolahan makanan juga penting untuk diperhatikan oleh para penderita asam urat. Sehingga Anda bisa hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai
masalah.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Tempe dan Tahu Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel