Batuk Saat Hamil? Inilah Penyebab dan Penanganannya

Batuk saat hamil tak jarang dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Keluhan batuk yang diderita oleh ibu hamil ini sangat beragam, mulai dari batuk ringan hingga batuk parah yang membuat banyak wanita mengandung menjadi khawatir. Banyak yang mempertanyakan apakah batuk pada wanita hamil bisa membahayakan janin yang dikandung. Karena ketika terbatuk biasanya perut akan ikut mengalami kontraksi atau bergetar.

batuk saat hamil


Selain keselamatan janin, hal lain yang menjadi masalah ketika wanita hamil terserang batuk adalah mengenai cara pengobatannya. Seperti yang kita semua ketahui bahwa ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat, karena bisa berakibat buruk pada perkembangan janin yang dikandung. Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami batuk pada saat hamil, silahkan baca ulasan berikut ini.

Penyebab Batuk Pada Masa Kehamilan 


Pada masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh wanita sedang dalam kondisi yang rentan terhadap serangan penyakit baik itu karena bakteri ataupun virus. Batuk, merupakan sebuah respon tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan dari objek berbahaya, lender atau pun iritan yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Namun batuk juga bisa disebabkan karena adanya penyebab lain seperti :

Alergi 

Alergi bisa disebabkan karena banyak hal yaitu debu, bulu hewan ataupun partikel-partikel lain yang berterbangan di udara.

Asma 

Bila ibu hamil telah memiliki riwayat penyakit asma, maka kemungkinan terjangkit batuk menjadi sangat rentan.

Berbahayakah Janin Bila Mengalami Batuk Ketika Hamil 


Meskipun banyak yang khawatir bila sedang batuk saat hamil bisa menyebabkan janin dalam bahaya. Namun pada kenyataannya bila ibu hamil sedang batuk, maka janin di dalam Rahim tidak akan merasakan dampak akibat guncangan ketika ibu sedang batuk. Hanya saja untuk menghindari resiko ketegangan otot perut yang berlebihan, maka ketika batuk tahanlah perut bagian bawah dengan menggunakan tangan.

Bagaimana Cara Menangani Batuk Pada Masa Kehamilan 

Karena pada saat hamil, Anda tidak boleh mengkonsumsi obat sembarangan, maka untuk mengatasi batuk yang Anda alami, Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini yaitu:

  • Banyak mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi, sehingga terhindar dari radang tenggorokan akibat batuk. Selain air putih, Anda bisa minum air hangat yang telah dicampur dengan madu dan perasan lemon. 
  • Mengkonsumsi buah atau sayur yang mengandung banyak vitamin c untuk memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri yang mengakibatkan batuk. Beristirahat yang cukup, usahakan Anda selalu memiliki waktu istirahat yang cukup meskipun pada siang hari. Karena jika Anda sering merasa kelelahan maka Anda kan lebih rentan terkena infeksi penyakit khususnya batuk.  
  • Bagi Anda yang sedang mengalami batuk saat hamil, pahami beberapa penyebab dan penanganan dengan tepat. Maka, semoga dengan ulasan singkat tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah batuk saat hamil, bisa bermanfaat untuk Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Batuk Saat Hamil? Inilah Penyebab dan Penanganannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel