14 Tips Kecantikan yang Menyesatkan di Masyarakat

Sebelum kita membahas 14 Tips Kecantikan yang Menyesatkan, sudah berapa banyak tips kecantikan yang selama ini sudah Anda ketahui dan terapkan? kemudian, sejauh manakah tingkat keberhasilan dari tips yang sudah Anda ketahui tersebut? Maraknya hoax dan informasi yang beredar melalui pesan berantai di aplikasi percakapan seringkali tampak sangat meyakinkan dan membuat anda percaya. Namun kenyataannya tidak ada manfaat apapun dari informasi tersebut.

Tips Kecantikan yang Menyesatkan di Masyarakat


Berikut 14 Tips Kecantikan yang Menyesatkan yang beredar luas di masyarakat yang sebaiknya anda ketahui;

1.Menyamarkan noda pada wajah menggunakan concealer. 

Realitanya, concealer memang dapat digunakan untuk mencerahkan lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata namun bukan berarti pasti dapat menyamarkan noda. Kecuali, Anda menggunakan concealer yang warnanya dua tingkat lebih muda daripada warna kulit.

2. Bedak transparan cocok digunakan untuk semua warna kulit. 

Realitanya, bedak warna transparan sesungguhnya memiliki warna pink muda keabu abuan, sehingga membuat kulit terlihat pucat. Bedak dengan warna kuning paling baik untuk kulit, karena dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. Namun, tidak semua jenis bedak memiliki kecocokan dengan kulit semua wanita, sehingga harus lebih disesuaikan dengan warna kulit.

3. Membentuk tulang pipi dengan mengaplikasikan pemulas Pipi pada cekungan pipi. 

Realitanya; pemulas pipi dirancang untuk menambahkan warna yang sehat pada wajah, jadi tidak untuk membentuk pola garis tajam. Untuk penampilan yang lebih sempurna, tersenyumlah sebelum Anda menyapukan blush on dan membentuk bulatan di pipi. lalu, tarik ke belakang hingga mendekati rambut, baru kemudian bergerak menurun hingga merata.

4. Membuat eye shadow lebih tahan lama dengan menggunakan alas bedak pada kelopak mata.  

Realitanya, alas bedak yang dipoleskan di sekitar area mata justru malah membuat lengket. Yang paling baik adalah mengaplikasikan bedak dasar agak pucat di sekitar kelopak mata tidak nampak sehingga membuat eye shadow tahan lama

5. Menampilkan kesan mata lebih lebar dengan membuat garis pada kelopak mata . 

Realitanya hal ini tidak disarankan oleh beberapa dokter mata karena terdapat resiko infeksi atau tertusuknya mata tanpa sengaja. Cara yang paling baik supaya mata nampak lebih besar yaitu dengan membuat garis sedekat mungkin di sepanjang garis atas dan garis bawah mata. Pastikan garis-garis itu bertemu di sudut mata bagian luar.

6. Menggunakan pensil bibir terlebih dulu sebelum memakai lipstik. 

Realitanya; agar terlihat tampil alami, sebaiknya bentuklah garis bibir setelah memakai lipstik, lalu padukan dengan kuas bibir. Tetapi, apabila anda membutuhkan warna bibir yang tahan lama, maka garis dan warnai bibir dengan pensil bibir dulu, lalu kemudian lapisi dengan lipstik di atasnya.

7. Memberikan garis di luar garis bibir agar bibir bisa terlihat lebih lebar. 

Realitanya, hal ini malah akan nampak tidak alami dan aneh bila Anda mencoba membuat hal hal yang tidak pernah dimiliki. Supaya bibir kecil dan terlihat lebih penuh, pergunakan pewarna bibir medium hingga warna ringan, atau pergunakan lip gloss. Garis yang terlalu tajam akan membuat bibir kecil dan tipis, sehingga terlihat lebih kecil lagi.

8. Rambut harus dicuci setiap hari. 

Realitanya: Rambut yang dicuci setiap hari, terutama untuk rambut keriting. diwarnai, atau kasar, maka kekuatan dan kesehatan rambut akan berkurang. Rambut yang rutin dicuci setiap hari dapat lebih rapuh dan kering. Bahkan, kandungan detergen yang terdapat di dalam sampo dapat membuat rambut rusak. Mencuci rambut setiap hari juga akan membuat warna rambut Anda menjadi lebih gampang pudar. Sebaiknya, cucilah rambut 2-3 hari sekali sesuai kondisi. Saat Anda tidak mencuci rambut, Anda dapat menyisir rambut dengan seksama menggunakan sisir sikat yang berkualitas untuk merangsang distribusi minyak pada kulit kepala secara merata. Jika Anda benar-benar tidak dapat meninggalkan kebiasaan mencuci rambut setiap hari, cukup basahi rambut dengan air dingin, kemudian ulaskan kondisioner dan bilas hingga bersih.

9. Mengatasi problem rambut bercabang dengan produk penataan atau perawatan rambut. 

Realitanya; Menggunting rambut merupakan satu satunya cara mengatasi rambut bercabang dan pecah. Untuk itu, gunting ujung ujung rambut setiap delapan minggu sekali. Gunakan juga kondisioner rambut tanpa dibilas setiap kali menata rambut atau mengeringkan rambut dengan hair dryer. Cara ini akan melindungi rambut dengan emollients, sehingga rambut terasa lebih lembut dan seperti alami.

10. Setiap kali Anda mencabut sehelai uban, maka akan akan muncul dua helai uban di tempat yang sama.

Realitanya, ketika seseorang menginjak usia 30 tahun ke atas, dalam kondisi normal , rambut akan rontok sekitar 80-100 helai setiap hari, namun tumbuh lebih pelan. Meskipun demikian anda dianjurkan untuk tidak mencabut uban. Anda dapat menyamarkannya dengan mewarnai rambut anda.

11. Mengganti shampo dua minggu sekali agar rambut tidak imun terhadap formula dari shampo yang lama. 

Apabila kondisi rambut rontok dan tidak mengembang, itu bukan diakibatkan oleh shampo yang anda gunakan. Bisa jadi itu merupakan tumpukan kotoran atau mineral dari produk perawatan kulit ataupun air yang digunakan. Untuk mengatasinya Anda dapat mencuci rambut Anda setiap satu atau dua minggu sekali dengan shampo yang memiliki formula deep cleansing atau clarifying.

12. Perasan air lemon dapat memudarkan noda hitam pada kulit wajah. 

Yang perlu diketahui bahwa noda hitam yang muncul pada wajah Anda adalah karena masalah genetik, hormon estrogen, atau paparan sinar UV dari matahari yang terus menerus. Jadi, hal ini hanya dapat diatasi dengan mengunakan produk perawatan kulit yang mengandung 2% hydroquinone, yang akan memblokir produksi melanin yang dipakai setiap malam menjelang tidur. Lakukan pula perawatan pengelupasan kulit (exfoliating) dengan teratur.

13. Membasuh wajah dengan air dingin dapat memperkecil pori pori kulit. 

Faktanya hingga saat ini, tidak ada satu pun produk perawatan tubuh yang dapat mengecilkan pori pori. Hal ini disebabkan adanya sel sel kulit mati yang berukuran mikroskopik berkumpul di dekat pori pori yang terbuka, sehingga membuat pori pori terlihat lebih besar. Untuk mengatasi hal ini, lakukan perawatan exfoliating secara rutin untuk mengangkat sel sel kulit mati tersebut, sekaligus membantu menutupi pori pori yang terbuka dan melembutkan kulit. Atau, Anda juga dapat memakai pembersih wajah berbentuk tisu.

14. Lingkaran hitam muncul di sekitar mata akibat kurang tidur. 

Faktanya, penyebab utama terbentuknya lingkaran hitam di seputar mata merupakan pembuluh darah yang terdapat pada bagian bawah kulit tipis yang terdapat pada area tersebut. Atau, sebagai akibat dari pembuluh darah yang letih atau kurang tidur malam. Dapat juga diakibatkan karena faktor usia. Untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan pelembab khusus kulit mata di daerah tersebut, poleskan concealer dengan kandungan dasar warna kuning, serta krim mata saat menjelang tidur malam.









Demikian 14 Tips Kecantikan yang Menyesatkan yang dapat diulas, semoga bermanfaat









Referensi:
Kesalahan-kesalahan Umum Paling Sering Terjadi dalam Merawat Kesehatan & Kecantikan
Mukhlidah Hanun Siregar, Penerbit DIVA Press, Cetakan Pertama Juli 2011

Belum ada Komentar untuk "14 Tips Kecantikan yang Menyesatkan di Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel