Tips Agar Anak Senang Membaca

Buku adalah sebuah gudang ilmu dan menanamkan tips agar anak senang membaca sejak dini akan membantu mereka berkembang lebih matang di kemudian hari. Membiasakan anak untuk membaca sejak kecil akan membuat mereka lebih tertarik untuk membaca ketika sudah dewasa. Apabila Anda merasa anak Anda sudah siap untuk membaca, Anda dapat menggunakan tips berikut ini.


Kapan Anak Bisa Mulai Membaca?

Anak akan mulai memproses segala bacaan dimulai dari umur enam tahun, sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan hal ini. Apabila Anda merasa anak belum siap untuk membaca, Anda tidak seharusnya memaksakan hal ini kepada anak karena setiap anak memiliki ketertarikan dan kapasitas yang berbeda. Anda harus dapat lebih mengerti mengenai apa yang anak Anda perlukan, bukan hanya berdasarkan umur anak anda sekarang.

Tips Agar Anak Senang Membaca

Bagaimana Membuat Anak Senang Membaca

Sebelum menyuruh anak Anda untuk membaca, Anda dapat pertama-tama membacakan buku tersebut kepada anak. Tips agar anak senang membaca ini akan membuat anak merasa familiar terhadap kegiatan ini. Selain itu, ini juga akan membuat anak Anda merasa dekat dengan Anda. Anda dapat menjadikan kegiatan ini sebagai waktu berkualitas yang dapat Anda sisihkan untuk anak.

Setelah itu, ajak anak Anda untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tanyakan beberapa pertanyaan kepada anak untuk melihat apakah mereka benar-benar menyimak bacaan tersebut. Ini juga melatih anak untuk berfikir dan memproses informasi dalam pikirannya. Bahkan, ketika anak Anda belum bisa membalas, gerak gerik ini juga akan memudahkan Anda di kemudian hari karena anak akan menjadi lebih familiar.

Kemudian, Anda juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak Anda. Apabila Anda ingin anak untuk rajin membaca, maka Anda harus mencontohkan hal yang sama dengan membaca buku didepannya. Anak akan merasa bahwa ini adalah hal penting untuk dilakukan di kemudian harinya. Anak akan belajar dengan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya.

Ketika anak Anda sudah mulai beranjak dewasa, Anda dapat mulai mengklasifikasikan buku-buku yang akan dibaca berdasarkan jenisnya. Dengan ini, Anda akan mengerti apa yang membuat anak Anda tertarik, sehingga Anda bisa mengajaknya untuk membaca buku yang sesuai dengan kesukaannya. Anak Anda akan semakin termotivasi untuk membaca dengan cara ini.

Jangan membuat kegiatan membaca terlihat sebagai sebuah paksaan di mata anak Anda. Anda harus membuat anak merasa tertarik dan nyaman dalam membaca, sehingga pada kemudian hari anak akan terus membaca tanpa harus disuruh oleh Anda. Banyak sekali cara-cara lainnya yang dapat Anda lakukan, seperti membuat permainan dan sebagainya. Namun, tips agar anak senang membaca yang terbaik adalah dengan membuat kegiatan ini sebagai sebuah kebiasaan.


Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Anak Senang Membaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel