10 Kebiasaan Baik Yang Sangat Berarti Untuk Anak-anak Anda

10 Kebiasaan Baik Yang Sangat Berarti Untuk Anak-anak Anda wajib diterapkan oleh anda sebagai orang tua. Karena pada dasarnya, perilaku seorang anak dipengaruhi oleh hasil didikan yang akan diterapkan di dunia sosialnya nanti. Sehingga memberikan pembelajaran yang baik dan berguna, menjadi bekal untuk anak-anak di masa depan nanti.

10 Kebiasaan Baik Yang Sangat Berarti Untuk Anak-anak Anda


Tips Umum Dalam Mendidik Anak

Sebelum anda mengetahui 10 Kebiasaan Baik Yang Sangat Berarti Untuk Anak-anak Anda, mengetahui secara umum mengenai tips dalam mendidik anak. Berbagai macam cara dapat anda terapkan guna membentuk kepribadian anak yang lebih baik di masa depan yang akan datang. Untuk pembahasan lebih lanjut, berikut tips umum dalam mendidik anak untuk anda.

Menyelesaikan Masalah

Meskipun anak anda masih berusia belia, namun tidak ada salahnya membiarkan mereka menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Hal ini merangsang fungsi kognitif pada anak untuk memikirkan cara yang tepat untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Rutinitas Sesuai Kemampuan

Berikanlah sebuah rutinitas yang dirasa anak mampu untuk mengerjakannya. Hal ini secara tidak langsung melatih kemampuan diri anak untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Ritual Untuk Anak-Anak

Dalam mendidik seorang anak, anda di tuntut harus memberikan pembelajaran terbaik yang dapat diingat dan dipraktekan oleh anak nantinya, mulai dari tindakan verbal hingga non verbal. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat 10 macam ritual yang dapat anda terapkan pada kehidupan anak sehari-hari, sehingga mereka menjadi pribadi yang tumbuh dengan didikan baik dan benar.

1. Meminta tolong

Mengucapkan kata tolong adalah pembelajaran untuk anak bahwa mereka harus sopan meminta bantuan kepada orang lain.

2. Terima Kasih

Ketika anak anda mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, lalu mengucapkan kata terima kasih. Hal tersebut menjadi simbol bahwa mereka merasa terbantu dengan pertolongan yang diberikan.

3. Meminta Maaf

Jika anak anda melakukan kesalahan terhadap orang lain, mengajarkan mereka untuk mengatakan maaf adalah hal bijak yang harus anda tanamkan pada diri anak-anak sejak dini.

4. Berbelanja

Berbelanja mengasah kemampuan sosialisasi anak dalam bertransaksi dengan orang lain.

5. Tugas Rumah

Membersihkan rumah merupakan tanggung jawab semua anggota keluarga, termasuk anak anda.  Berikanlah tugas tersebut kepada anak guna menanamkan tanggung jawab meskipun hanya melakukan pekerjaan sederhana.

6. Reinforcement

Ketika anak anda berhasil melakukan sesuatu dengan baik, berikanlah respon positif (reinforcement) kepada anak. Mulai dari pujian hingga hadiah.

7. Punishment

Berikan hukuman (punishment) sesuai dengan kesalahan yang mereka perbuat. Hal tersebut berguna sebagai pembelajaran bahwa apa yang lakukan itu salah.

8. Keterbukaan

Berikanlah anak kepercayaan untuk membuka diri kepada anggota keluarga, termasuk anda. Hal tersebut menjadi salah satu ritual penting guna keterikatan antara orang tua dan anak tetap terjaga.

9. Diskusi

Membicarakan berbagai macam hal dengan cara diskusi memberikan pandangan positif kepada anak, bahwa segala hal dapat dibicarakan dan mencari solusi bersama-sama.

10. Kasih Sayang 

Hal terpenting pada ritual untuk anak adalah memberikan kasih sayang yang menjadikan mereka pribadi penuh dengan cinta dan perasaan positif.

Itulah pembahasan singkat mengenai kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari untuk anak anda. Karena mengajari anak  dengan suatu hal yang baik akan membangun kepribadian anak yang baik pula di kemudian hari. Maka, Anda jangan mengabaikan 10 Kebiasaan Baik Yang Sangat Berarti Untuk Anak-anak Anda

Belum ada Komentar untuk "10 Kebiasaan Baik Yang Sangat Berarti Untuk Anak-anak Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel