Panduan Penanganan Luka Bakar Secara Tepat untuk Pertama Kalinya

Penting sekali untuk memahami bagaimana penanganan luka bakar secara tepat saat terjadi luka bakar untuk pertama kalinya. Luka bakar itu sendiri bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya saja, karena terkena air panas, terkena minyak panas ketika memasak, mengalami kecelakaan, mengalami kebakaran, terkena ledakan tabung gas, terkena korslet listrik, dll. Dari berbagai penyebab inilah  membuat luka bakar terbagi atas beberapa macam.

Panduan Penanganan Luka Bakar


Macam-Macam Luka Bakar

  1. Luka Bakar Superfisial – Jenis ini merupakan luka bakar yang terjadi di bagian lapisan kulit epidermis atau dibagian lapisan kulit yang teratas. Umumnya, luka ini ditandai dengan terjadinya rasa nyeri, kemerahan, dan terkadang bisa mengalami pembengkakan juga. Sehingga, harus  segera dilakukan penanganan sesegera mungkin, meskipun hanya dilakukan di dalam rumah sendiri.
  2. Luka Bakar Derajat Dua – Jenis luka bakar ini terjadi saat lapisan kulit terluar telah rusak,  sehingga mengganggu lapisan kulit dibawahnya. Jenis luka bakar di tingkat ini adalah yang paling sakit. Karena, saat luka ini terjadi, bisa menimbulkan gelembung di kulit yang isinya cairan. Sehingga, bisa terjadi pembengkakan, kulit yang berwarna merah dan putih, dan bisa rusak. 
  3. Luka Bakar Derajat Tiga – Untuk jenis luka bakar yang satu ini yang terkena adalah tidak terbatas.  Bahkan, luka bakarnya bisa mengenai hingga ke bagian tulang sampai organ dibagian dalam. Luka bakar ini termasuk ke dalam golongan luka bakar yang paling berat. Karena gejalanya bisa ditandai dengan kekeringan pada kulit, pucat, bahkan berubah menjadi putih, hitam, dan gosong.

Cara Penanganan Luka Bakar Secara Tepat

  1. Untuk penanganan luka bakar ringan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah segera beri aliran air biasa ke area yang terluka. Sehingga, saat ada bahan kimia yang mengenai kulit, maka  bahan kimia tersebut bisa dihilangkan segera. Maka dari itulah, cobalah untuk mengalirkan air selama 20 menit atau lebih saat ada bahan kimia yang menempel di kulit akibat luka bakar.
  2. Jika Anda memakai perhiasan dan pakaian yang melekat pada bagian luka bakar,  sebaiknya segera lepaskan atau bila perlu gunting hingga tidak ada yang melekat. Namun meskipun begitu, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk melepasnya. Karena itu bisa beresiko buruk pada kulit Anda yang terluka. Cukup tutup saja luka bakarnya memakai penutup luka steril, namun gelembungnya jangan dipecahkan. 

Itu tadi adalah beberapa langkah untuk mengatasi masalah luka bakar dengan cepat dan tepat. Namun, untuk masalah luka bakar yang lebih serius, sebaiknya langsung saja datang ke fasilitas kesehatan. Karena ada beberapa hal yang bisa membuat masalah luka bakar ini tidak bisa dilakukan begitu saja di rumah. Anda membutuhkan penanganan luka bakar secara tepat saat mengalami luka bakar yang serius. 

Belum ada Komentar untuk "Panduan Penanganan Luka Bakar Secara Tepat untuk Pertama Kalinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel