Cara Mengenali Sakit Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya

Bagi orang tua, mengenali sakit mata pada anak dan cara mengatasinya adalah hal yang sangat penting sekali. Karena sakit mata adalah salah satu penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak. Sehingga, jika tidak segera diatasi, hal ini bisa berdampak buruk pada penglihatan anak di kemudian hari. Tentu saja hal ini bisa merugikan sang buah hati dan juga orang tua.


Cara Mengenali Sakit Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya


Mengenali Sakit Mata Pada Anak Serta Cara Mengatasinya

  1. Penyakit rabun senja – Masalah ini bisa terjadi saat anak kekurangan vitamin A. Sehingga, bila dibiarkan begitu saja tanpa diberikan asupan vitamin A, hal ini menyebabkan perkembangan kelainan mata dibagian putih mata menjadi ada bercaknya. Dalam fase ini, masalah ini masih bisa diatasi dengan memberikan asupan vitamin A dalam menu hariannya. Karena, jika dibiarkan, masalah ini bisa menyebabkan kebutaan. 
  2. Penyakit Buta Warna – Penyakit yang satu ini merupakan penyakit keturunan. Biasanya kelainan ini kerap terjadi pada anak laki-laki. Penyakit ini dibawa kromosom Y. Sayangnya, sampai pada saat ini belum ada terapi untuk menyembuhkan penyakit buta warna ini. Anak yang buta warna memiliki sel kerucut retina yang abnormal. Akibatnya, mereka tidak dapat membedakan warna dengan benar.
  3. Sakit Mata Juling – Penyakit yang satu ini juga merupakan bawaan lahir. Ini bisa terjadi karena kelainan saraf bola mata yang terjadi karena bawaan lahir, namun ada juga yang dikarenakan oleh virus dan akibat dari penyakit tumor ganas dalam bola mata. Saat penyakit ini bukan bawaan dari lahir, penyakit ini bisa berakibat katarak berat. Sehingga, harus segera mengenali sakit mata pada anak dan cara mengatasinya sejak dini.
  4. Glaukoma – Penyakit yang satu ini terjadi saat tekanan bola mata mulai meninggi.Sehingga, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada retina dan saraf mata. Ini bisa terjadi pada siapa saja. Karena glaukoma merupakan penyakit turunan. Meningginya bola mata bisa terjadi karena ada masalah pada sistem aliran cairan yang ada dalam bola mata.

Tips Mencegah Sakit Mata Merah

Sakit mata pada anak tidak mungkin terjadi begitu saja. Maka dari itulah, demi menghindari terjadinya mata merah sebagai salah satu gejala dari penyakit mata anak, sebaiknya ketahui dulu cara  pencegahannya sejak dini. Di mana salah satu cara mencegahnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan menghindari partikel yang bisa menyebabkan mata merah.

Salah satu partikel yang dapat menyebabkan terjadinya mata merah adalah debu. Maka dari itulah, agar terhindar dari penyakit mata, anak harus dibiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang bersih. Selain itu, ajarkan anak untuk tidak menggaruk mata ataupun menguceknya, sebagai upaya untuk mengenali sakit mata pada anak dan cara mengatasinya sejak dini. 


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengenali Sakit Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel