Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget dan Dampak Buruknya

Sebenarnya banyak cara mengatasi anak kecanduan gadget yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk buah hatinya. Mengingat saat ini gadget merupakan salah satu senjata paling ampuh untuk membuat anak tenang dan betah di dalam rumah. Namun sayangnya bila terlalu sering, ini bisa membuatnya menjadi kecanduan. Padahal, kecanduan gadget ini bisa berdampak buruk untuk kesehatannya dalam jangka panjang. 

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget dan Dampak Buruknya
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels


Dampak Buruk jika Anak Kecanduan Gadget

  • Anak yang sudah terlanjur kecanduan gadget akan membuatnya menarik diri dari area lingkungannya. Sehingga, hal ini membuatnya lebih sibuk untuk bermain gadget. Bahkan, jika dibiarkan, ini bisa membuatnya marah, bahkan mengamuk saat Anda memintanya untuk berhenti bermain gadget. Sehingga, hal ini membuat perkembangan psikologinya menjadi terganggu. Karena anak menjadi egois dan hanya memikirkan dirinya sendiri.
  • Ketika bermain gadget tanpa memperhatikan jarak pandang dan postur tubuhnya, sekaligus pengaturan cahayanya, ini bisa membuat kesehatan matanya menjadi menurun dalam jangka panjang. Akibatnya, anak juga menjadi nyeri tubuh dan tidak aktif. Padahal, anak seharusnya bergerak dan berinteraksi dengan anak seumurannya. Namun, saat anak kecanduan gadget, mereka menjadi tidak bisa bersosialisasi dengan sekitarnya dengan baik. 

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

  • Cobalah untuk menjadi contoh yang baik. Seperti yang diketahui, bahwa anak selalu belajar dari lingkungan di sekitarnya. Bila Anda terlihat sangat sering bermain gadget, ini bisa membuatnya menjadi mengikuti kebiasaan Anda. Maka dari itulah, bila Anda ingin membuatnya terhindar dari kecanduan gadget, maka atur waktu Anda sendiri untuk menggunakan gadget dengan bijak. Jangan pernah melarangnya, sementara Anda bermain gadget.
  • Cobalah untuk membatasinya dalam memakai gadget. Atur waktu anak saat bermain gadget
    untuk membatasi pemakaian gadgetnya. Selain itu, jangan pernah menaruh gadget di sembarangan tempat. Karena itu bisa membuatnya mengambil gadget dan menggunakannya dengan mudah. Jadi, selalu pastikan agar area kamarnya selalu terbebas dari gadget agar mereka tidak kecanduan gadget.
  • Anda harus selalu bersikat tegas kepada anak untuk membatasi waktunya dalam bermain gadget. Jangan pernah iba dengan rengekannya saat ingin bermain gadget. Anak tetap butuh waktu untuk terlepas dari bermain gadget. Namun sebaiknya kurangi waktu bermain gadget secara perlahan. Jangan mendadak, karena itu bisa membuatnya menjadi kaget dan shock. 

Jika beberapa cara di atas belum cukup membantu, maka minta bantuan kepada dokter bisa menjadi solusi terakhirnya. Karena, bisa jadi anak mengalami depresi dan cemas. Sehingga, Anda harus segera melakukan konsultasi dengan dokter yang memang sudah ahlinya dibidang ini. Dari sinilah dokter akan memberikan cara mengatasi anak kecanduan gadget paling baik untuk menangkan si kecil dan mengatasi masalah kecanduannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget dan Dampak Buruknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel