Bahaya Penggunaan Lensa Kontak Terhadap Kesehatan Mata

Tahukah Anda, bahwa ternyata resiko dan bahaya penggunaan lensa kontak terhadap kesehatan mata itu sangat besar sekali? Padahal, mata merupakan jendela jiwa yang bisa memancarkan pesonanya sendiri. Sehingga, hal ini membuat beberapa orang suka memakai lensa kontak demi memperindah matanya. Padahal, resikonya besar sekali! Pengguna lensa kontak bisa beresiko terinfeksi oleh jamur, bakteri, dan mikroba.


Macam-Macam Lensa Kontak

Soft Contact Lenses – lensa kontak yang satu ini sangat lentur dan lembut. Sehingga, lensa ini sangat nyaman dipakai. Hanya saja, sayangnya soft lens ini sangat mudah rapuh dan harus sering dibersihkan dibandingkan memakai hard lenses. Karena lensa ini berasal dari silicone hydrogel. Yaitu, sebuah plastik yang lembut yang bisa menyerap air yang banyak dengan baik.

Hard Contact Lenses – lensa yang satu ini bentuknya keras dan kaku. Namun, lensa ini bisa memberi penglihatan mata yang tajam. Disamping itu, lensa ini punya pori-pori sehingga bisa membuat oksigen bisa mencapai ke kornea. Dengan begitu, jenis ini bisa mengurangi masalah pada kornea. Umumnya, jenis lensa ini tidak dijual bebas. Hanya dokter mata yang menjualnya dengan harga yang tinggi.

Bahaya Penggunaan Lensa Kontak Terhadap Kesehatan Mata

Resiko dan Bahaya Penggunaan Lensa Kontak Terhadap Kesehatan Mata

  1. Konjungtivitis
    – Masalah ini bisa ditandai dengan terjadinya kemerahan pada lapisan mata yang paling luar. Masalah ini disebut juga dengan mata merah. Mata merah umumnya dapat terjadi, karena infeksi oleh bakteri atau iritasi karena pemakaian lensa kontak yang tidak tepat. Biasanya, selain mata merah, gejalanya juga disertai dengan mata yang berair.
  2. Keratitis
    – Masalah ini merupakan peradangan kornea mata karena cidera ringan akibat pemakaian lensa kontak yang lama, terkena virus, infeksi oleh bakteri, jamur, dan parasit karena proses pembersihan lensa kontan yang salah. Memakai lensa kontak tanpa mengenal waktu, bahkan saat berenang bisa beresiko terkena keratitis. Umumnya, gejalanya ditandai dengan mata merah, perih, sulit membuka kelopak mata, penglihatan menjadi buram.
  3. Sindrom
    Mata Kering – Kondisi ini terjadi saat mata tidak memproduksi air mata yang cukup, sehingga membuat air mata cepat kering. Akibatnya, terjadilah peradangan dan iritasi mata. Gejala yang paling umum adalah, mata merah, kering, berpasir, dan rasa sakit yang makin memburuk sepanjang hari, hingga penglihatan mata menjadi buram, bahkan bisa membuat Anda kesulitan membuka mata saat baru bangun tidur.

Jadi, sebaiknya bila Anda tidak cocok memakai lensa kontak, maka jangan terlalu memaksakan diri. Gunakan saja kacamata yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mata Anda. Disamping itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan harus cukup istirahat, untuk menghindari bahaya penggunaan lensa kontak terhadap kesehatan mata


Baca juga: Cara mengenali sakit mata pada anak dan cara mengatasinya


Belum ada Komentar untuk "Bahaya Penggunaan Lensa Kontak Terhadap Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel