Tips Mengajari Anak Agar Menghargai Orang Lain

Anak memang memiliki tingkah laku yang cukup beragam mulai dari anak-anak yang menggemaskan hingga menjengkelkan. Namun, Anda harus mengetahui tips mengajari anak agar menghargai orang lain. Sebab, terkadang anak yang tidak memiliki rasa menghargai kepada teman sebaya ataupun orang lain merupakan hal yang sangat buruk.

Inilah Tips Mengajari Anak Agar Menghargai Orang Lain

Tips Mengajari Anak Agar Menghargai Orang Lain

Bagaimana orang tua mendidik anak tentu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang buah hati. Sebagai orang tua yang baik, Anda pasti malu jika anak Anda tidak bisa menghargai orang lain atau berlaku kurang sopan kepada orang yang lebih tua. Sebagian besar orang tua tidak ingin anak-anaknya dicap sebagai anak yang kurang didikan. Baik tidaknya perilaku anak, tentunya tidak terlepas dari peran orang tua. Oleh karena itu, Anda harus mengajari anak untuk menghargai orang lain dengan cara sebagai berikut.

1. Mengakui kekurangan anak tanpa menyalahkan sikap

Tips mengajari anak agar selalu menghargai orang lain yang pertama adalah dengan mengakui kesalahan atau kekurangan anak tanpa harus menyalahkan sikapnya. Apabila Anda menemui anak Anda berlaku kurang sopan dengan orang yang lebih tua, maka ada baiknya untuk menanyakan kenapa ia dapat melakukan hal tersebut. Jangan lupa untuk selalu memberikan respon dengan positif dan menasihati anak untuk tidak melakukan hal yang sama di masa mendatang.

2. Menjadi orang tua yang bijak

Orang tua memang menjadi panutan bagi anak-anak, itulah mengapa para orang tua juga harus bersikap dengan bijak agar anak Anda bisa menghargai orang lain. Jangan lupa untuk mengajak anak Anda melakukan diskusi, mengapa mereka bertindak kurang sopan dengan orang lain. Di dalam keluarga, Anda memang tidak perlu untuk membuat aturan terhadap anak dan hindarilah bersikap arogan, di mana akan melukai hati anak.

3. Mengajarkan contoh yang baik

Orang tua memang menjadi teladan bagi setiap anak. Oleh sebab itu, para orang tua juga harus bisa memberikan contoh terbaik seperti bagaimana cara  menghargai orang lain dan cara ini secara tidak langsung dapat membuat anak Anda mengikuti apa yang Anda lakukan. Hindarilah untuk berkata ataupun berperilaku kasar terhadap orang lain yang akan menyebabkan anak Anda menirunya.

4. Memberikan pemahaman dan apresiasi

Tips mengajari anak agar menghargai orang lain berikutnya adalah dengan memberikan pemahaman mengapa kita harus selalu menghargai orang lain, serta jelaskan apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Serta Anda juga bisa menjelaskan akibat buruk, apabila tidak menghargai orang lain. Selain itu, anda juga bisa memberikan penghargaan terhadap perilaku positif yang telah dilakukan.

5. Hargai anak sebagai bentuk penghargaan

Ketika Anda berbicara dengan anak, anda diharuskan untuk menggunakan etika. Jika anda sebagai orang tua bertindak tidak baik di depannya, anak akan lebih mudah untuk meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Sebagai contohnya, apabila Anda kerap membentak anak Anda, kemungkinan besar anak juga akan melakukannya pada Anda ataupun orang lain.

Itulah 5 tips mengajari anak agar menghargai orang lain yang bisa anda terapkan. Selain 5 tips di atas, anda juga harus mengajari anak Anda sikap meminta maaf dan kejujuran serta tanggung jawab guna membantu anak untuk lebih menghargai orang lain. Selain itu, anda juga harus menghindari memberikan hukuman apabila anak tidak menghargai orang lain. Sebaiknya Anda memberikan penjelasan mengapa tidak boleh melakukannya. Dengan membiasakan anak menghargai orang lain inilah, anak Anda akan lebih menghargai adanya perbedaan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengajari Anak Agar Menghargai Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel