Tips Memotivasi Anak Untuk Menabung

Perlukah anak diajari untuk memiliki kebiasaan menabung sejak dini? Tentu jawabannya adalah tentu saja. Oleh sebab itulah, para orang tua perlu mengetahui tips memotivasi anak untuk menabung. Dengan mengajarkan anak menabung sejak dini, maka anak anda bisa mengatur keuangan mereka apabila telah menginjak usia dewasa nantinya.

Tips Memotivasi Anak Untuk Menabung
Foto oleh Joslyn Pickens dari Pexels 



Tips Mengajarkan Anak Menabung

Tabungan merupakan uang yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan anda di masa depan. Dengan adanya tabungan inilah, maka anda tidak akan mengalami kesulitan ketika membutuhkan biaya tambahan. Terlebih lagi, di era yang serba modern ini,berbagai macam kebutuhan mengalami peningkatan. Dengan kondisi seperti inilah, para orang tua bisa menerapkan tips menabung kepada anak di bawah ini.

1. Mengenalkan konsep uang dan menabung 

Agar anak anda termotivasi untuk menabung, ada baiknya para orang tua bisa memperkenalkan konsep uang dan menabung bagi anak. Tetapi hal utama yang bisa anda lakukan adalah memperkenalkan konsep uang itu sendiri. Anda bisa memulai untuk mengenalkan berbagai macam pecahan uang mulai dari yang terkecil hingga besar baik itu uang koin ataupun kertas.

2. Uang saku untuk menabung 

Tips memotivasi anak untuk menabung selanjutnya adalah dengan memberikan pancingan yakni dengan memberikan uang saku secukupnya, dimana disesuaikan dengan kebutuhan anak. Sebagai contohnya, anda memberikan uang sebanyak Rp.10.000 pada anak yang telah berusia sekolah dasar dan anda harus memberikan aturan. Apabila anak anda harus menyisakan uang untuk ditabung dan mengajari mereka untuk mengendalikan diri saat menggunakan uang.

3. Menabung dengan celengan

Cara ini juga banyak dipilih para orang tua yang ini mengajarkan anak untuk menabung sejak dini. Anda bisa memberikan celengan yang memiliki bentuk unik untuk anak. Cara ini dapat merangsang anak untuk rajin menabung dan anda juga bisa meminta anak anda, untuk menyisihkan uang yang dimasukkan ke dalam tabungan dan biarkan anak anda yang memasukkan uang mereka sendiri.

4. Memberikan pemahaman mengenai kebutuhan dan keinginan 

Adapun cara berikutnya yang bisa anda pilih untuk memberikan motivasi anak agar bisa menabung sejak dini yaitu dengan memberikan pengetahuan mengenai kebutuhan dan keinginan. Diharapkan anak akan lebih bijak dalam mempergunakan uang mereka dengan bijak. Jangan sampai anak anda menggunakan uangnya secara sembarang.

5. Mengenalkan perbedaan menabung dan belanja 

Anak anda akan minat dengan berbagai macam hal apabila pengetahuannya seputar penggunaan uang dapat berkembang dengan baik. Selain memberikan pemahaman mengenai kebutuhan dan keinginan, para orang tua juga harus memberikan pemahaman mengenai keuntungan dan manfaat apa saja yang akan didapatkan dengan menabung dan apa saja akibatnya jika membelanjakan uang semuanya.

Hal penting lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak menabung adalah dengan mengajarkan anak anda untuk mencatat. Tips memotivasi anak untuk menabung ini akan semakin mengasyikkan dan merangsang anak anda untuk gemar menabung. Cobalah untuk menyediakan buku catatan untuk tabungan anak, serta anda bisa memberikan kesempatan anak anda untuk mencatat jumlah tabungan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memotivasi Anak Untuk Menabung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel