Yuk Ketahui Penyebab Anak Suka Jajan

Anak yang memiliki kebiasaan jajan tentu dapat membuat para orang tua pusing bukan? Ada banyak penyebab anak suka jajan ketimbang makanan sehat. Untuk itu, para orang tua memang dituntut untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Hal itu tidak lain karena kebiasaan anak yang suka jajan, selain dapat membuat boros ternyata juga dapat menyebabkan seorang anak rentan terserang penyakit, terlebih jika anak anda membeli jajan secara sembarangan.

penyebab anak suka jajan
Foto via kompas



Inilah Penyebab Anak Suka Makan Jajan 

Sebagian besar anak-anak memang menyukai kebiasaan jajan. Hal ini tentu tidak jarang membuat para orang tua pusing dalam menghadapi anak yang memiliki kegemaran jajan tersebut. Terlebih lagi, apabila kondisi keuangan anda sedang tidak stabil, maka anda akan semakin kebingungan ketika anak anda ingin membeli jajan. Nah, di sinilah para orang tua memang harus mengetahui penyebab anak suka jajan.

1. Meniru gaya hidup orang tua 

Tidak bisa dipungkiri apabila peran para orang tua cukup penting untuk anak-anak dan kemungkinan besar mereka juga akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh para orang tua, termasuk para orang tua yang memiliki kebiasaan jajan di luar. Hal inilah yang kemungkinan besar menjadi salah satu penyebab anak memiliki kebiasaan jajan di luar. Para orang tua juga tidak harus menyerahkan anak mereka, ada baiknya untuk melakukan intervensi untuk mengurangi jajan di luar.

2. Tidak Tersedianya camilan di rumah 

Apakah anak anda memiliki kebiasaan jajan di luar? Jika demikian, kemungkinan besar penyebab anak menyukai jajan di luar adalah tidak tersedianya camilan di rumah. Usia anak-anak memang memiliki kebiasaan mengkonsumsi camilan. Apabila di rumah kita tidak ada camilan, jangan salahkan apabila anak anda suka jajan di luar. Di sinilah para orang tua, harus bisa lebih perduli dengan menyediakan camilan di rumah.

3. Bosan dengan camilan di rumah 

Bunda kerap menyediakan makanan atau camilan itu-itu saja? Jika demikian, bisa jadi penyebab anak anda suka jajan di luar adalah karena bosan dengan camilan yang anda hidangkan. Memang menjadi keharusan tersendiri apabila para orang tua harus lebih kreatif dalam menghindangkan camilan yang lebih variatif. Selain itu, penyebab anak menyukai jajan yang berikutnya adalah makanan yang disajikan kurang menarik.

4. Rasa ingin tahu yang cukup tinggi 

Anak yang suka jajan di luar memang tidak sepenuhnya disalahkan, bunda. Hal itu tentunya ada banyak penyebab mengapa anak lebih suka jajan di luar. Penyebab yang paling banyak ditemukan adalah karena anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi terutama saat anak telah memasuki usia pra sekolah, di mana minat untuk bereksplorasi akan semakin meningkat.

Nah, di sini para orang tua memang harus lebih kreatif untuk menciptakan kreasi makanan untuk si kecil. Ada berbagai macam resep yang bisa anda temukan di Internet dan pastinya pilihlah camilan yang menyehatkan untuk buah hati.

Demikian beberapa penyebab anak suka jajan yang perlu diketahui oleh para orang tua. Dengan mengetahui penyebab itulah, anda bisa mengambil langkah terbaik.

Belum ada Komentar untuk "Yuk Ketahui Penyebab Anak Suka Jajan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel