Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur Bagi Si Kecil

Sebagai orang tua, Anda pasti bingung jika buah hati tak juga tidur padahal hari sudah larut malam. Oleh karenanya manfaat membacakan cerita sebelum tidur bagi si kecil, memang cukup penting diketahui oleh para orang tua. Tidak bisa dipungkiri apabila cara ini juga menjadi salah satu cara yang dipilih, agar si kecil segera tertidur. Apabila anda tidak terlalu pandai dalam mengarang cerita, anda bisa membacakan buku cerita anak-anak yang anda dapatkan dari toko buku. Selain dapat membantu anak untuk mengantuk, ada manfaat lainnya yang cukup penting.

Inilah Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur Bagi Si Kecil

Manfaat Membacakan Buku Cerita Untuk Si Kecil

Sebagai orang tua, Anda harus  mengetahui beberapa manfaat membacakan cerita untuk si kecil, di antaranya adalah

1. Dapat mengembangkan imajinasi

Manfaat pertama yang bisa didapatkan melalui membacakan cerita sebelum tidur bagi si kecil adalah dapat membantu si kecil untuk berimajinasi. Anak-anak memang harus dilatih untuk berimajinasi, agar otak mereka dapat bekerja dengan baik dan efektif. Anak memang menyukai dunia imajinasi, dan disinilah para orang tua dapat memilihkan buku cerita terbaik seperti buku cerita bergambar yang dapat membantu anak untuk berimajinasi.

2. Mengembangkan kemampuan bahasa anak

Dengan mendengarkan cerita anak anda akan memiliki banyak kosakata yang dikuasai. Cara ini ternyata juga dapat meningkatkan  kemampuan bahasa pada sang anak. Selain itu, secara otomatis cara ini juga akan membuat anak anda mampu memahami struktur pola kalimat dan penggunaan intonasi yang tepat. Ada banyak jenis buku cerita sebelum tidur yang bisa dipilih oleh para orang tua.

3. Mengajarkan anak untuk memiliki kebiasaan membaca

Bagi anda yang ingin mengajarkan kebiasaan membaca sejak dini, maka cobalah untuk membacakan dongeng sebelum tidur bagi si kecil. Manfaat membacakan cerita sebelum tidur bagi si kecil ini ternyata cukup efektif untuk memberikan rangsangan bagi anak agar memiliki kebiasaan membaca. Semakin sering anda membacakan cerita, maka anak anda juga akan semakin penasaran dengan cerita yang akan anda bacakan selanjutnya.

4. Dapat memberikan stimulasi pada otak

Manfaat membacakan cerita sebelum tidur bagi kecil yang berikutnya adalah dapat memberikan stimulasi pada otak mereka. Selama anda membacakan dongeng sebelum tidur itulah, anak anda kemungkinan besar akan memiliki banyak pertanyaan yang muncul di dalam otak mereka.

5. Dapat  memberikan momen berharga

Adapun manfaat menarik lainnya yang bisa didapatkan dengan rajin membacakan buku cerita anak sebelum tidur pada si kecil, yaitu dapat memberikan orang tua momen berharga. Sebagai seorang orang tua yang baik, tentunya anda tidak ingin membiarkan memori masa kecil anak anda kurang berharga bukan? Membacakan dongeng ataupun cerita anak ini memang akan membuat hubungan orang tua dan anak lebih intim.

Secara tidak langsung membacakan cerita sebelum tidur pada anak dapat membantu agar otak anak-anak dapat bekerja. Ketika anak anda telah melontarkan pertanyaan, sebisa mungkin untuk memberikan jawaban yang tepat. Ingin memiliki anak yang mempunyai kegemaran? Cobalah untuk sering membacakan cerita sebelum tidur karena manfaat membacakan cerita sebelum tidur bagi si kecil ini cukup banyak.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur Bagi Si Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel