Cara Mengurangi Kebiasaan Jajan Pada Anak

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, apabila anak-anak memiliki kebiasaan jajan. Tetapi apabila anak anda memiliki kebiasaan jajan berlebihan, para orang tua memang harus segera mengetahui cara mengurangi kebiasaan jajan pada anak, agar tidak berlangsung secara terus-menerus. Tidak bisa dipungkiri apabila kebiasaan jajan anak anda tersebut dapat mengganggu keuangan anda.

Inilah Cara Mengurangi Kebiasaan Jajan Pada Anak

Cara Mengurangi Kebiasaan Jajan 

Sebenarnya ada berbagai macam penyebab mengapa anak anda memiliki kebiasaan jajan tersebut. Bahkan bisa jadi kebiasaan tersebut muncul lantaran meniru kebiasaan para orang tuanya atau kebiasaan tersebut muncul akibat dari tidak tersedianya camilan di dalam rumah. Peran para orang tua untuk anak memang cukup penting, termasuk dalam mengetahui cara mengurangi kebiasaan memakan jajan pada anak.

1. Memberikan aturan pada anak 

Dalam menyayangi buah hati, anda memang tidak harus memanjakannya secara berlebih terutama dalam urusam membeli jajan. Di sinilah, untuk mengurangi kebiasaan tersebut, anda bisa mulai membuat aturan mengenai kebiasaan jajan anak anda sebagai contohnya anak anda hanya boleh membeli jajan, apabila telah menyelesaikan makan siang. Secara tidak langsung dapat mengurangi minat anak untuk jajan.

2. Mengajak anak anda untuk membuat jajan

Salah satu penyebab mengapa anak anda memiliki kebiasaan jajan adalah tidak tersedianya makanan di rumah. Oleh sebab itu, keinginan anak untuk membeli jajan tidak bisa ditahan. Dan para orang tua harus lebih bijak dalam menangani hal ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anak membuat jajan bersama. Ada berbagai macam jajanan yang bisa anda buat bersama-sama buah hati. Misalnya saja, anda bisa mengajak anak untuk membuat cookies atau kue kering lainnya. Cara ini juga akan membuat anak anda menikmati setiap proses memasak. Tak hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan jenis makanan seperti apakah yang menjadi favorit anak anda.

3. Mendampingi anak saat menonton TV

Cara mengurangi kebiasaan jajan pada anak yang berikutnya adalah dengan mendampingi buah hati anda ketika menonton televisi. Memang telah menjadi keharusan sendiri apabila para orang tua harus memperhatikan apa saja tontonan yang baik untuk anak. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi anak untuk menyaksikan iklan yang dikemas di TV. Cara ini dapat menekan ketertarikan anak untuk tidak tertarik jajan.

4. Memberikan pengertian bahaya jajan sembarangan 

Agar bunda dapat mengurangi kebiasaan jajan anak dengan pelan-pelan, sebaiknya para orang tua juga harus menjelaskan bahaya apa saja yang terdapat pada makanan yang dibeli anak anda secara sembarangan. Anda juga harus memberikan gambaran seperti apakah makanan yang mempunyai kandungan berbahaya. Hal ini tentu akan membuat si kecil lebih selektif saat jajan.

Itulah beberapa cara mengurangi kebiasaan suka jajan pada anak yang wajib diketahui. Jangan lupa untuk sesekali memberikan kesempatan anak anda untuk jajan diluar dan tetap awasi jajan apakah yang anak anda beli. Jangan sampai anak anda memilih makanan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan mereka. Oleh sebab itu, cara mengurangi kebiasaan jajan pada anak sangat tepat dan menggantinya dengan jajanan yang bernutrisi dan menyehatkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengurangi Kebiasaan Jajan Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel