Mainan Anak SD Zaman Old

Mainan anak SD zaman old memang hanya menjadi kenangan belaka dan pastinya sangat sulit dilupakan. Pasalnya permainan yang membuat interaksi antar teman ini akan semakin menyenangkan dan mengesankan. Apalagi permainan zaman sekarang yang menggunakan smartphone, seperti game online sehingga sangat berbeda dengan zaman dahulu.
Mainan Anak SD Zaman Old

Menariknya permainan zaman dulu banyak dimainkan di luar ruangan. Hal ini karena pada masa itu masih belum banyak gawai yang menyediakan permainan. Maka tak heran, jika anak zaman dulu terkesan ceria saat bermain. Mau tau permainan apa saja anak SD zaman dulu? Nah, simak terus penjelasan di bawah ini.

Jenis-jenis Mainan Anak SD Zaman Old


Siapa sangka permainan anak SD zaman old terbilang sangat kreatif. Pasalnya konsep permainan tersebut memiliki makna tersendiri. Bahkan permainan yang ditunjukan bisa mengusung keterampilan sosial, daya tahan fisik, pemecahan masalah, dan keterampilan motorik. Berikut adalah jenis-jenis mainan anak SD zaman old.

Lompat Tali


Permainan lompat tali merupakan salah satu mainan yang seringkali dilakukan anak SD zaman dulu. Bukan hanya dimainkan oleh anak perempuan, tetapi terkadang anak laki-laki juga ikutan bermain. Adapun alat bantu dari permainan ini adalah tali yang terbuat dari karet gelang dan disambung menjadi rantai. Panjang tali karet tersebut sesuai selera masing-masing anak.

Petak Umpet


Permainan petak umpet mungkin masih sering dimainkan pada zaman sekarang. Bermain petak umpet biasanya dilakukan oleh sejumlah orang. Anak zaman old seringnya bermain petak umpet tersebut pada saat bulan purnama tiba. Cara memainkannya, salah satu anak yang kalah akan mencari teman-temannya yang sedang mengumpet. Jika ketauan tempat umper, maka si anak tersebut akan kalah dan menjadi penjaga petak umpet.

Gobak Sodor


Gobak sodor adalah mainan anak SD zaman old yang dimainkan oleh 4-5 orang per tim. Setiap tim yang berhadapan satu sama lain, maka poin dihitung dari jumlah pemain yang akan dibolak-balik mulai dari titik awal, akhir, hingga awal lagi. Apabila anggota tim yang tersentuh anggota tubuh lawan, maaka dinyatakan mati sehingga tidak bisa melanjutkan dan harus menunggu di luar kotak permainan.

Engklek


Permainan engklek akan melompati daerah di dalam persegi, yakni bolak-balik dari bawah ke atas dan kembali lagi ke titik awalan. Setiap pemain yang mempunyai keeping atau gacoan, maka lompatan akan dimulai seteah gacoan itu mendarat di daerah tertentu, kemudian dilakukan secara berurutan. Tips memainkan engklek adalah harus akurat saat melompat gacoan, lalu keseimbangan tubuh, dan komitmen antar lawan.

Itu dia jenis mainan anak SD zaman old yang harus Anda kenali meski kini sudah jarang anak-anak yang memainkannya. Tidak ada salahnya jika kita turut melestarikan permainan zaman dulu agar anak cucu kita dapat merasakannya.

Belum ada Komentar untuk "Mainan Anak SD Zaman Old"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel