Trik Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan

Sebagai orang tua, tentu anda merasa cemas jika buah hati anda menolak atau tidak menyentuh makanan yg anda berikan. Di awal anda pasti akan merasa stress dan memaksa anak anda untuk makan. Ujung-ujungnya anak anda akan merasa tertekan dan suasana makan menjadi tegang, kalaupun terpaksa anak anda akan tetap makan walaupun sambil meronta bahkan tak jarang sampai menangis karena merasa terpaksa saat makan. Kalau terus dibiarkan tentu akan berdampak negatif terhadap kesehatan si buah hati. Selain berdampak terhadap kurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh, juga bisa berdampak kepada psikologis buah hati karena tekanan tadi. Bisa jadi berdampak trauma dan akan mempengaruhi perkembangan jiwanya.
Beberapa Trik Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Tentu sebagai orang tua, kita tidak ingin buah hati kita mengalami kekurangan gizi maupun terganggu perkembangan psikologisnya. Untuk itu ada beberapa trik jitu mengatasi anak susah makan sehingga orang tua tidak akan merasa khawatir lagi jika anak tidak mendapat gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Mengatasi Anak Susah Makan


Berikut ini beberapa trik jitu mengatasi anak susah makan yang cukup efektif dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak susah makan.

  • Ciptakan suasana menyenangkan saat anak makan. Suasana menyenangkan bisa tercipta saat anak makan bersama keluarga. Ajaklah anak anda duduk dalam satu meja makan.



  • Beri anak asupan makanan yang sesuai dengan usia dan perkembangan tubuhnya. Beri porsi yang cukup bukan berlebih, jika anak merasa kurang ia boleh minta tambah.



  • Sajikan menu bervariasi agar anak tidak bosan. Usahakan alat makan berwarna warni dan menarik untuk anak. Pastikan peralatan makan aman digunakan meskipun dari bahan plastik yang menarik. Biasanya peralatan makan yang aman ada label bertuliskan SNI.



  • Sediakan makanan ringan yang padat kalori. Makanan ringan padat kalori seperti olahan tepung (roti,cake, kue kering) olahan susu(yogurt), selai kacang, olahan buah dan sayur (jus buah, salad buah, stik sayur). Makanan yang padat gizi dan kaya akan energi lebih baik dari pada kudapan dan membuat anak cepat kenyang.



  • Jadwalkan waktu yang tepat untuk memberikan makan dan camilan. Untuk camilan, Anda bisa memberikan buah-buahan sebagai pilihan camilan sehat.



  • Latihlah kemandirian anak agar bisa makan sendiri. Berikan kepercayaan dan dukungan agar ia merasa percaya diri dan mampu makan sendiri.



  • Berikan anak variasi jenis makanan yang baru dengan porsi secukupnya. Jika ia mulai terbiasa, Anda bisa menambah porsi dan mencari variasi lain agar ia tidak merasa bosan dan senang dengan pengalaman mengenal makanan baru.



  • Jangan ada paksaan untuk makan dan jangan memburu anak agar makan dengan cepat.



  • Usahakan untuk selalu menawarkan makanan. Jika ia menolak suatu makanan, boleh jadi sebetulnya ia suka makanan tersebut, namun ia memerlukan sedikit dorongan yang memotivasinya untuk bisa menjadi lebih tertarik dengan makanan tersebut.



  • Pastikan makanan kesukaan anak kaya akan gizi dan nutrisi yang penting untuk tubuhnya.



  • Kenalkan anak beragam jenis makanan sejak usia dini agar ia selalu memiliki selera makan yang baik.




  • Berikan suplemen penambah nafsu makan jika diperlukan. Pilihlah suplemen yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, terutama untuk anak seperti DHA, EPA, dan AA yang sangat baik untuk perkembangan otak anak dan mampu merangsang anak, sehingga nafsu makan akan bertambah.


Itulah beberapa Trik Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Trik Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel