Cara Mengatasi Grogi Agar Berani Tampil di Depan Umum

Grogi bisa dialami oleh siapa saja yang sedang tampil untuk pertama kalinya di depan umum. Sebenarnya tidak hanya pertama kali, momen-momen khusus juga bisa membuat seseorang grogi. Jika grogi tidak berdampak besar maka tak menjadi masalah, tapi kebanyakan orang yang grogi mengalami yang namanya blank sehingga bisa mempermalukan dirinya sendiri. Anda tidak ingin hal seperti itu terjadi bukan? Nah untuk itulah berikut akan disajikan cara mengatasi grogi agar berani tampil di depan umum.
Gambar Cara Mengatasi Grogi Agar Berani Tampil di Depan Umum

1. Mempersiapkan semua hal dengan matang


Kadang hal yang memicu grogi yaitu karena kurangnya persiapan. Mereka yang persiapannya belum matang pasti akan grogi dan takut tampil di depan umum. Untuk itulah Anda perlu mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Hal yang perlu dipersiapkan antara lain materi dan hal yang akan Anda sampaikan serta penampilan Anda. Jika ingin semua berjalan lancar, perbanyak latihan juga.

2. Lebih percaya diri


Sikap percaya diri juga membuat Anda tidak grogi. Jadi semisal Anda tidak percaya diri, lihat lagi hal apa yang membuat Anda tidak percaya diri dan cobalah untuk mengatasinya. Semakin percaya diri seseorang, semakin jauh dari rasa grogi.

3. Positive thinking


Ada orang yang selalu berpikiran negatif, dia berpikir jika ini, jika itu, jika demikian, dan lain sebagainya. Nah Anda tidak boleh begitu. Anda harus selalu berpikiran positif. Pikiran positif juga bisa mempengaruhi hasil akhir. Jadi usahakan untuk selalu positive thinking.

4. Mengatur pernapasan


Jika sudah melakukan tiga hal di atas tapi Anda tetap juga grogi, maka cara mengatasi grogi agar berani tampil di depan umum selanjutnya yaitu dengan mengatur pernapasan. Sebelum tampil cobalah untuk mengatur pernapasan, merilekskan tubuh. Cobalah tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan, ulangi hal tersebut hingga tubuh Anda terasa lebih rileks.

5. Menemukan cara menenangkan diri


Ada orang yang tidak mempan dengan mengatur pernapasan. Jika Anda termasuk salah satunya, hal yang perlu Anda lakukan adalah menemukan cara menenangkan diri lainnya. Ada orang yang lebih tenang setelah menghubungi orang tuanya, ada juga yang lebih tenang setelah mengingat tujuannya. Intinya Anda harus menemukan hal apa yang kemungkinan besar membuat Anda lebih tenang.

7. Fokus


Ketika sedang tampil dihadapan umum, usahakan untuk tidak menatap sepenuhnya pada audiens. Karena bisa jadi Anda akan melihat beberapa audiens nampak tidak memperhatikan apa yang Anda sampaikan. Jangan fokuskan diri Anda terhadap mereka, lebih baik fokuskan diri Anda terhadap orang-orang yang memperhatikan Anda. Jika Anda lebih fokus pada audiens yang tak peduli dengan Anda, maka  akan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga fokus Anda pun terganggu. Fokuskan saja diri pada materi yang akan disampaikan, fokuskan diri pada tujuan untuk apa Anda tampil. Dengan begitu, apapun gangguan yang muncul tidak akan mengganggu jalannya penampilan Anda.

6. Berdoa


Jika tetap grogi juga, Anda bisa mengatasinya dengan berdoa. Selain bisa menenangkan, doa juga bisa membuat apa yang hendak kita lakukan berjalan dengan lancar. Jadi mulai lah berdoa sebelum memasuki ruangan atau sebelum memulai presentasi, interview, dan hal lainnya.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi grogi agar berani tampil di depan umum. Semoga cara yang disebutkan di atas bisa membantu Anda dalam mengatasi grogi yang melanda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Grogi Agar Berani Tampil di Depan Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel