Manfaat Lulur Beras, Cara Membuat dan Menggunakannya

Lulur dikenal dengan nama body scrub. Orang menggunakan lulur bertujuan untuk membersihkan, mencerahkan, menghaluskan, mengencangkan, dan meremajakan kulit agar kulit lebih putih dan bersih. Ada banyak sekali produk lulur yang dijual bebas di pasaran. Namun tahukah anda bahwa ada lulur dari bahan alami yang sangat baik untuk kulit. Adalah lulur beras yang manfaatnya bisa membuat kulit menjadi lebih putih dan bersih. Kita bisa membuatnya sendiri karena cara membuat dan menggunakannya juga mudah.

Manfaat Lulur Beras


Semua pasti tahu, memiliki kulit yang putih, halus, dan mulus adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya wanita saja, nyatanya pria juga banyak yang menginginkan kulitnya putih dan bersih. Oleh karenanya berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang putih dan halus. Banyak sekali produk kecantikan instant berbagai merk yang ditawarkan dengan menjanjikan kulit putih dan bersih dalam waktu singkat. Produk-produk kecantikan tersebut tentu saja mengandung banyak sekali bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Dampak yang ditimbulkan di antaranya bisa menyebabkan kulit melepuh, kering, merah dan berbagai masalah kulit lainnya.

Untuk mendapatkan kulit yang putih dan mulus sebenarnya gampang. Kita bisa melakukan perawatan alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang selain murah karena menggunakan bahan alami juga lebih aman meskipun digunakan untuk jangka panjang. Salah satu bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk kecantikan kulit adalah beras. Menggunakan beras untuk perawatan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan membuat lulur beras, masker beras, dan memanfaatkan air cucian beras untuk mencuci muka. Dengan lulur beras, anda bisa melakukan perawatan tubuh secara mandiri tanpa harus pergi ke salon kecantikan atau body spa.
Manfaat Lulur Beras untuk Kulit lebih Cerah

Berikut ini adalah ulasan terlengkap mengenai apa saja manfaat atau keuntungan dari menggunakan lulur beras.


1. Mencerahkan kulit secara alami 



Sinar matahari yang menyengat dapat menyebabkan warna kulit menjadi gelap dan juga efek terbakar terhadap kulit. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa mengatasi atau mencegah dengan perawatan alami menggunakan lulur beras. Melaburkan lulur beras di badan yang di lakukan secara teratur dengan cara yang benar minimal seminggu sekali dapat mencerahkan warna kulit yang kusam menjadi lebih cerah. Menggunakan lulur beras adalah cara alami untuk mencerahkan kulit kita khususnya bagian tubuh yang mudah kusam yaitu kulit tangan dan juga kaki.



2. Memperbaiki tekstur kulit 



Jika kita memiliki kulit yang kasar dan juga kering, menggunakan lulur beras merupakan cara alami yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Cara ini bisa menjadi pilihan yang praktis serta patut kita coba. Cukup lakukan sebanyak 1 kali dalam seminggu kulit kita akan terasa lebih lembut dan halus.



3. Mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit



Lulur beras menjadi salah satu cara efektif untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati serta daki dan berbagai macam kotoran yang menempel di kulit seperti debu yang membuat kulit menjadi kusam dan tidak sedap dipandang mata.



4. Melembabkan kulit kering



Lulur beras juga baik untuk menjaga kelembaban kulit. Agar kulit kita selalu tampak sehat, bersih dan halus, langkah terbaik adalah menggunakannya sebanyak 2 kali dalam seminggu.  Balurkan di sekujur badan. Lakukan sedikit pijatan atau gosokkan ringan dan merata. Biarkan lulur beras sampai agak mengering selanjutnya bilas dengan air ketika mandi.



5. Menyamarkan garis halus di kulit



Lulur beras yang digunakan secara teratur mampu menyamarkan garis-garis halus atau kerutan yang biasanya muncul pada kulit yang kering dan kasar.

Itulah manfaat lulur beras. Ada baiknya setelah melakukan perawatan tubuh dengan lulur, kita gunakan juga body lotion sebagai perawatan lanjutan dengan tujuan untuk merawat kulit serta menjaga kelembaban kulit kita.



Cara Membuat Lulur Beras


Setelah mengetahui manfaat lulur beras, tentunya kita ingin tahu bagaimana cara membuatnya sendiri. Dan berikut ini cara membuat lulur beras yang bisa anda terapkan.

1. Ambil 5 sendok makan beras. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Anda juga bisa menggunakan tepung beras kemasan plastik yang banyak dijual di pasaran. Namun akan lebih baik jika tepung beras berasal dari beras yang dihaluskan sendiri.

2. Setelah beras dihaluskan selanjutnya ambillah 2 ruas kunyit, 1 ruas kencur, 1 ruas temu giring dan tambahkan serta air secukupnya.

3. Campurkan semua bahan kemudian haluskan dengan menggunakan blender agar hasilnya lebih halus dan bahan lulur tercampur rata.

4. Tambahkan lagi air secukupnya sampai pada tingkat kekentalan yang diinginkan.

5. Proses pembuatan lulur selesai dan lulur beras siap digunakan.

Cara Menggunakan Lulur Beras


Letakkan lulur beras ke dalam mangkok. Tambahkan sedikit air jika perlu. Selanjutnya lulurkan ramuan lulur beras pada tubuh. Ada kalanya menggunakan lulur dengan menambahkan minyak zaitun. Untuk lulur beras dengan minyak zaitun, laburkan minyak zaitun ke bagian tubuh yang ingin diterapkan lulur. Kemudian balurkan lulur yang sudah disiapkan secara merata ke bagian tubuh yang sudah dilaburi minyak zaitun tadi. Biarkan beberapa saat sampai lulur menjadi setengah kering. Gosoklah lulur yang setengah kering tadi secara lembut seperti melakukan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah selesai, bilaslah badan anda menggunakan air hangat atau air dingin hingga bersih.

Agar hasilnya maksimal.maka dibutuhkan kerja keras dan konsistensi dalam melakukan perawatan kulit karena untuk memiliki kulit yang putih dan halus tidak bisa secara instan kecuali dengan melakukan suntik pemutih atau operasi plastik. Dalam beberapa hari hasilnya akan tampak namun hal ini tentu saja bisa berakibat buruk bagi kesehatan anda.

Demikianlah tips sehat dan cantik yang bisa anda lakukan sendiri. Dengan mengetahui Manfaat Lulur Beras, Cara Membuat dan Menggunakannya, semoga membuat kita semakin cerdas dalam memilih produk perawatan kecantikan.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Lulur Beras, Cara Membuat dan Menggunakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel