Tips dan Dan Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut merupakan masalah yang tidak bisa dianggap remeh. Orang yang memiliki bau mulut mungkin tidak pernah menyadari kalau ternyata mulutnya bau. Namun bagi orang yang sadar dengan bau mulutnya, bisa jadi menyebabkan orang tersebut kehilangan rasa percaya diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain.
Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut, dalam dunia medis dikenal dengan istilah halitosis. Studi menunjukkan, bau busuk berasal dari rongga mulut. Menurut akademi kedokteran gigi, lebih dari 90% kasus, bau nafas berasal dari mulut, tenggorokan, dan amandel. Setiap orang bisa saja mengalaminya pada satu waktu.  Biasanya masalah bau mulut akan sedikit membaik setelah menggosok gigi dan membilas mulut dengan obat kumur bebas alkohol. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan.

Berikut ini tips dan cara efektif mengatasi bau mulut tak sedap yang telah saya rangkum. Ada beberapa penyebab bau mulut dan napas tak sedap yang harus kita ketahui agar selanjutnya dapat menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Bau Mulut


Bau mulut busuk biasanya disebabkan oleh anaerob yaitu bakteri sulfur yang memproduksi dan berkembang biak di bawah permukaan lidah serta sering kali di tenggorokan dan di daerah amandel. Bakteri ini tidak memerlukan oksigen untuk hidup. Bakteri ini terjadi secara alami di lingkungan mulut dan sangat penting karena mereka membantu proses pencernaan dengan memecah protein menjadi asam amino.

Protein biasanya ditemukan dalam makanan, lendir atau dahak, darah, dan di jaringan mulut yang sakit. Bakteri-bakteri ini berpesta protein dalam mulut, senyawa sulfur yang dilepaskan dari bagian belakang lidah dan tenggorokan. Bakteri mengeluarkan limbah hidrogen sulfida, metil mercaptan, dan senyawa belerang yang mudah menguap. Selama bakteri anaerob memakan protein dan mengeluarkan senyawa belerang yang mudah menguap maka napas anda akan menjadi lebih buruk dan berbau busuk.

Penyebab Bau Nafas Tidak Sedap


Ada banyak penyebab bau nafas atau mulut. Beberapa di antara penyebab bau nafas atau mulut sudah sangat umum. Berikut ini 4 penyebab bau napas atau mulut yang harus kita ketahui :

1. Mulut kering
Xerostomia adalah istilah medis untuk kondisi mulut kering di mana menyediakan lingkungan yang sempurna untuk reproduksi bakteri anaerob. Merokok, minum alkohol, dan mendengkur adalah beberapa penyebab umum. Kebanyakan orang mengalami napas tak sedap di pagi hari karena kurangnya produksi air liur saat mereka tidur.

2. Makanan
Bau mulut atau halitosis dapat diperburuk oleh makanan yang berbau menyengat seperti bawang merah dan bawang putih karena makanan ini mengandung senyawa sulfur. Sementara susu, daging, dan ikan mengandung protein padat yang digunakan sebagai sumber makanan oleh anaerob.

3. Tidak Menjaga Kesehatan Mulut 
Gigi dan lidah ada dalam mulut. Perawatan mulut yang asal-asalan bisa menyebabkan penumpukan bakteri pada gigi dan gusi. Ketika mengunyah makanan, selalu ada sisa-sisa makanan atau organisme yang menempel pada gigi dan tetap ada untuk waktu yang lama. Jika tidak segera dilakukan pembersihan dengan cara menggosok gigi yang baik dan benar, maka organisme ini akan berkembang menjadi plak gigi sehingga menyebabkan kerusakan gigi dan menyebabkan bau.

4. Penyakit
Menurut penelitian, sekitar 10% dari semua kasus bau mulut disebabkan oleh penyakit tertentu misalnya diabetes, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, kanker, penyakit hati, infeksi saluran pernafasan, sinusitis, pneumonia, bronkitis, dan polip. Orang yang mengalami gangguan metabolik sering mengalami napas busuk kronis akibat mulut kering.

Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Cara Mencegah Bau Mulut


Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengetahui sumber halitosis adalah dengan mengunjungi dokter gigi untuk melakukan diagnosis professional dalam rangka untuk menentukan penyebab yang mendasari dan merekomendasikan pengobatan yang tepat.

Secara umum, dokter gigi akan merekomendasikan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung agen oxygenating seperti klorin dioksida atau natrium klorit untuk menetralkan senyawa belerang yang mudah menguap dan membantu mengontrol bau yang disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di dalam mulut.

Perawatan diri juga dapat membantu untuk meminimalkan bau mulut. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda bisa menggunakan produk perawatan oral seperti obat kumur dan pasta gigi yang telah terbukti efektif dalam memerangi bau mulut. Berikut ini beberapa tips untuk meminimalkan bau mulut yang bisa anda lakukan.

  • Bersihkan mulut anda setelah makan daging, ikan atau produk susu. Selalu menjaga kebersihan mulut secara konsisten dan menyeluruh merupakan metode pencegahan yang efektif. Menggosok gigi sedikitnya dua kali sehari, secara teratur. Bersihkan juga bagian lidah. Lakukan pagi hari ketika mandi dan malam hari sebelum tidur.



  • Ganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali. Pastikan untuk mendapatkan sikat gigi dengan bulu lembut agar tidak merusak enamel gigi atau gusi. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Menggosok dan membersihkan lidah membantu menghilangkan makanan dan plak yang digunakan sebagai sumber energi oleh anaerob, bakteri sulfur yang merupakan akar dari masalah ini.



  • Untuk mencegah mulut kering, kunyahlah permen karet atau permen yang rendah gula. Carilah Xylitol, pemanis non-sukrosa, yang dalam beberapa tahun terakhir telah terbukti mampu mengurangi masalah napas tak sedap.



  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran berserat.  Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut adalah makan sebuah apel sehari yang dapat membantu melembabkan mulut. Mengambil suplemen diet dengan mengkonsumsi Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin B yang efektif membantu tubuh Anda menghilangkan kelebihan lendir dan racun alami.



  • Perbanyak minum air putih sehingga bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat dengan cepat dibersihkan. Usahakan minum segelas air setelah bangun tidur untuk menghilangkan bau mulut.



  • Lepaskan dan bersihkan gigi palsu jika anda memakainya sehingga tidak ada bakteri yang berkembang biak di gigi palsu.



  • Gunakan obat kumur yang tepat. Anda tidak harus menggunakan obat kumur berbasis alkohol karena alkohol membuat mulut sangat kering yang memperburuk keadaan. Gunakan bahan herbal misalnya daun sirih yang dikunyah atau direbus untuk dijadikan obat kumur yang terbukti sangat efektif untuk menetralisir bau mulut dan dapat mencegah gigi berlubang.



  • Kunjungi dokter gigi untuk mengetahui kesehatan gigi dan gusi setidaknya setiap 6 bulan sekali.



  • Minum teh hijau dan hitam.  Polifenol yang terkandung di dalamnya mampu membantu menghilangkan senyawa sulfur dan mengurangi bakteri mulut.



  • Berhenti merokok.  Penelitian telah menunjukkan bahwa perokok beresiko lebih tinggi terkena penyakit periodontal dan mulut kering. Selanjutnya, orang yang merokok juga dapat terlibat dalam kebiasaan lain yang memicu kondisi ini seperti diet, minum alkohol, dan menderita kondisi kecemasan kronis yang memperburuk keadaan dan membutuhkan resep obat.



  • Biasakan bernapas melalui hidung anda, bukan mulut anda. Cobalah untuk mengatasi masalah mendengkur karena mendengkur dapat mempengaruhi napas anda dan menyebabkan mulut kering.



  • Hindari makanan seperti bawang bombai dan bawang putih yang memiliki bau yang cukup menyengat. Pilihlah camilan yang lebih sehat, seperti apel atau wortel mentah, karena kandungan air di dalamnya dapat membantu membersihkan mulut. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur juga bisa membantu mencegah bau mulut.


Itulah Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut yang Tidak Sedap. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Dan Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel