Tips dan Cara Meninggikan Badan Secara Alami untuk Remaja

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh proporsional bak model. Semua orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh bagus karena orang yang memiliki tinggi badan yang ideal akan terlihat jauh lebih menarik. Sedangkan bentuk tubuh yang pendek sering kali membuat orang menjadi tidak percaya diri alias minder apalagi jika laki-laki, kalau perempuan mungkin tidak terlalu menjadi masalah meskipun tidak tinggi.
Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Berbicara mengenai tinggi badan, memang tidak mudah menilai apakah seseorang itu bisa dikatakan pendek atau tinggi. Hal ini dikarenakan setiap orang tentu memiliki pandangannya masing-masing mengenai tinggi badan yang ideal. Secara teoritis, seseorang yang sudah dewasa dapat dikatakan memiliki tinggi badan dibawah normal jika mereka memiliki tinggi badan dibawah 147 cm. Dan ketika sudah dewasa, otomatis pertumbuhan badan akan terhenti.

Apakah anda ingin sekali memiliki tinggi badan yang ideal? Sah-sah saja ingin memiliki badan yang tinggi selagi masih dalam masa-masa pertumbuhan. Namun sayangnya, tidak semua orang dianugerahi tinggi badan semampai bak peragawan peragawati. Banyak orang ingin menjadi lebih tinggi. Beragam cara dilakukan untuk meninggikan badan namun terkadang tidak membuahkan hasil. Padahal selagi masih dalam masa pertumbuhan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan.

Saat menginjak remaja menuju pubertas, biasanya tinggi badan akan bertambah sekitar 5 cm setiap tahunnya. Ketika masa pubertas, pertumbuhan tinggi badan mungkin 10 cm setiap tahunnya. Pertumbuhan tinggi ini tentu akan berbeda-beda pada setiap orang, salah satunya karena faktor nutrisi dan olahraga yang bisa meningkatkan hormon pertumbuhan.

Yang paling berkontribusi adalah faktor genetik yang sangat mendukung pada tinggi badan yaitu antara 60 hingga 70 persen dan sisanya tergantung dari gaya hidup, nutrisi, dan olahraga juga sangat berpengaruh. Jadi, teori yang mengatakan bahwa seorang anak tidak bisa tinggi karena orang tuanya bertubuh pendek adalah tidak benar.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami


Lalu bagaimana cara meninggikan badan secara alami? Bisakah itu dilakukan? Tentu saja bisa. Berikut ini Tips dan Cara Meninggikan Badan Secara Alami untuk remaja yang masih dalam masa-masa pertumbuhan.

1. Berolah Raga


Olahraga pada masa remaja atau pada masa pertumbuhan memiliki peran penting dalam menambah tinggi badan. Melakukan olahraga secara teratur 30 menit setiap hari akan membantu pertumbuhan tinggi badanmu dibanding remaja seumuran yang orang tuanya tidak tinggi tapi tidak melakukan olah raga. Jenis olah raga yang bisa kamu lakukan yaitu :

Bersepeda
Olah raga yang bisa kamu lakukan yaitu bersepeda. Dengan bersepeda otot-otot tubuh akan semakin aktif dalam melakukan peregangan, khususnya otot pada bagian kaki. Cara ini sangat baik dan mudah dilakukan untuk kamu yang ingin meninggikan badan.

Berenang
Banyak orang membuktikan dengan berenang maka tubuh akan cepat tinggi. Saat berenang seluruh otot akan melakukan peregangan. Selain bisa menambah tinggi, berenang bisa menjadikan tubuh menjadi kekar dan sehat.

Lompat tali
Siapa yag tidak tahu dengan permainan lompat tali. Nah, lompat tali merupakan salah satu olah raga yang dapat menambah tinggi badan. Permainan ini juga mempunyai manfaat lain, seperti meningkatkan kekuatan tubuh dan membakar kalori. Selain itu olah raga semacam ini juga mudah dilakukan dimana pun dan tidak mengeluarkan biaya yang besar, karena hanya menggunakan tali.

Beberapa tips diatas merupakan cara yang dilakukan dengan metode latihan fisik. Selain cara tersebut, agar pertumbuhan badan bisa optimal maka perlu didukung dengan faktor lain, seperti :

2. Pola Hidup


Pola hidup biasanya berhubungan dengan gizi, nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kamu  harus memperhatikan makanan yang untuk dikonsumsi seperti 4 sehat 5 sempurna.

Beberapa nutrisi yang penting untuk pertumbuhan badan ke atas adalah protein. Senyawa ini penting guna meningkatkan pertumbuhan otot dan tulang sehat. Selain itu, kalsium yang berperan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Senyawa lain yang penting untuk dipenuhi adalah zinc yang jika tubuh mengalami kekurangan, mungkin bisa menyebabkan tubuh menjadi kerdil. Penuhi juga kebutuhan tubuh dengan vitamin D. Vitamin tersebut penting untuk pertumbuhan tulang dan otot terutama pada anak-anak dan remaja.


Disamping itu, sikap duduk juga perlu diperhatikan. Duduklah tegak dengan kaki menempel pada lantai merupakan sikap duduk yang baik. Sering membungkuk dapat memengaruhi bentuk tubuhmu di kemudian hari. Oleh karena itu, cobalah duduk dan berdiri dengan tegak.

Dan jangan lupa, banyak istirahat dan memperbaiki gaya hidup. Memiliki waktu tidur yang cukup akan sangat membantu untuk meninggikan badan. Hal tersebut dikarenakan tubuhmu akan tetap bekerja, walaupun kamu sedang tidur. Menurut penelitian telah menunjukkan bahwa hormon pertumbuhan akan bekerja secara maksimal pada saat manusia sedang tertidur. Oleh karena itu, sangat penting memiliki waktu tidur yang cukup.


Setelah kamu menerapkan Tips dan Cara Meninggikan Badan Secara Alami untuk Remaja ternyata tubuh kamu tidak juga tinggi seperti yang kamu harapkan, maka kamu harus menyadari bahwa faktor genetik ternyata sangat berpengaruh meskipun tidak 100%.

Jika kamu tetap memaksa ingin tinggi bak model, mungkin cara orang Korea bisa kamu coba. Lihat saja artis-artis Korea yang memiliki postur tubuh nyaris sempurna dengan tinggi tidak kurang dari 180 cm padahal notabene mereka orang Asia yang umumnya bertubuh tidak tinggi. Mungkin menggunakan alat dan obat atau suplemen dapat menambah tinggi badan secara instan. Namun jika menggunakannya, pastikan dulu jika obat yang akan digunakan tersebut aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Meninggikan Badan Secara Alami untuk Remaja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel