10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Hidup sehat adalah dambaan setiap insan. Kita semua pasti ingin selalu sehat. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah cara menjalani pola hidup sehat yang benar itu seperti apa. Sebagai jawabannya penulis ingin membagikan ulasan tentang Tips Sehat dengan 10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat yang perlu kita ketahui.
Tips Sehat dengan 10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Berbicara tentang kesehatan, menerapkan pola hidup sehat yang benar dalam kehidupan sehari-hari itu gampang-gampang susah karena setiap orang memiliki kebiasaan dan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Agar bisa menjalani pola hidup yang sehat, di sini diperlukan niat yang kuat. Jika niat yang kuat sudah tertanam maka akan timbul kemauan yang kuat. Dengan adanya kemauan, yang harus dilakukan yaitu berusaha agar bisa menerapkan pola hidup yang sehat.

10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat


Untuk menuju pola hidup sehat, sebenarnya sangatlah mudah dan murah. Namun demikian tentunya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang saja bisa melakukannya secara konsisten. Tips sehat yang perlu kita lakukan sangatlah sederhana. Berikut 10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat yang dapat anda jadikan referensi agar diri tetap sehat dan bahagia dalam menjalani kehidupan.

1. Pilih Makanan Bergizi Seimbang
Metabolisme energi yang optimal membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Jika kita tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan, maka akan menyebabkan gangguan metabolisme sehingga membuat kita merasa lelah dan lesu. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah memilih makanan bergizi seimbang yang memiliki banyak nutrisi per kalori. Nutrisi tersebut ada pada sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan protein hewani.

2. Pilih Makanan Antioksidan Tinggi
Antioksidan adalah zat yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas bisa berasal dari bahan kimia yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kelelahan dan menyebabkan penyakit. Ada ribuan bahan alami antioksidan yang dikandung buah-buahan, sayuran, dan makanan nabati lainnya. Antioksidan terdapat paa buah-buahan berair yang berwarna-warni seperti buah semangka dan melon, serta sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, brokoli, sawi hijau, dan bayam.

3. Pilih Makanan yang Mengandung Omega 3
Omega-3 adalah sejenis asam lemak esensial yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Omega-3 didapatkan melalui makanan. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan seperti salmon, tuna, makarel dan makanan laut lainnya termasuk ganggang dan krill, beberapa jenis tanaman dan minyak kacang.

Selain sumber alami, asam lemak omega-3 kini banyak ditemukan sebagai bahan aktif dalam suplemen kesehatan, produk farmasi, biji rami, minyak rami, sayuran hijau, dan makanan bayi. Suplemen Omega-3 seperti minyak ikan dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga memungkinkan untuk melawan timbulnya penyakit umum seperti flu dan batuk.

4. Lakukan Diet Sehat
Diet identik dengan penurunan berat badan dengan cara mengatur pola makan. Dengan berhemat kalori akhirnya menurunkan metabolisme karena tubuh mencoba untuk menghemat seluruh energi sehingga mengakibatkan rasa lesu. Keadaan menjadi lebih buruk, metabolisme melambat, tubuh membakar kalori bahkan lebih sedikit, yang mengarah ke tingkat yang lebih lambat dari penurunan berat badan.

Untuk menjaga energi dan metabolisme, pastikan untuk memenuhi kalori kebutuhan setiap hari. Penurunan berat badan yang stabil – dicapai dengan kalori yang cukup dan aktivitas fisik secara teratur adalah cara yang paling efektif untuk menjaga berat badan yang sehat untuk kehidupan. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak kalori yang anda butuhkan  setiap hari.

5. Utamakan Sarapan
Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang baik tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme, tetapi akan membantu anda merasa lebih baik sampai makan siang. Anda bisa memilih menu sarapan seperti donat, kue-kue, sereal, dan wafel untuk pilihan sehat termasuk buah segar, sereal gandum panas atau dingin dengan kacang / biji, roti gandum dengan selai kacang.

6. Perbanyak minum air putih
Manfaat Air Putih Untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Banyak minum air putih adalah cara yang sangat mudah dan efektif untuk menjaga energi anda. Tubuh membutuhkan cukup air agar proses metabolisme lancar dan optimal. Minum 8 gelas setiap hari dipercaya mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

7. Gunakan Kafein dengan Bijaksana
Sebagian besar orang berpendapat, secangkir kopi dapat memberikan energi. Hal ini dibuktikan, kafein yang terkandung dalam kopi mampu mengatasi rasa kantuk. Jadi meskipun anda merasa lebih baik dengan mengkonsumsi kopi, namun perlu diketahui bahwa itu hanya untuk jangka pendek. Jadi, kafein dapat digunakan sesekali sebagai stimulan sementara, seperti sebelum melakukan perjalanan panjang. Mengkonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan ketergantungan dan dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah. Sebagai alternatif, cobalah teh hijau, yang memberikan antioksidan yang bermanfaat serta asam amino yang membantu anda tetap tenang dan fokus.

8. Selalu Menjaga Kebersihan
Lingkungan yang bersih sangat mendukung pola hidup sehat. Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik masih sering kita temukan di lingkungan masyarakat. Membuang sampah sembarangan adalah perilaku yang harus kita hindari. Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan secara rutin berarti kita telah menerapkan salah satu pola hidup sehat. Kita bisa memulai menjaga kebersihan dari diri dulu dengan cara mandi 2x sehari, menggosok gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur dan sebagainya.

9. Olah Raga Secara Teratur
Kita semua tahu bahwa olahraga teratur sangat besar manfaatnya bagi tubuh. Dengan berolah raga secara teratur, manfaatnya bisa langsung kita rasakan misalnya dengan melakukan olah raga pagi maka tubuh kita menjadi lebih segar dan terhindar dari berbagai penyakit. Lakukan senam ringan atau jogging sambil menghirup udara segar di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

10. Istirahat yang Cukup
Kelelahan fisik dan emosional memicu kekacauan pada sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan kita lebih rentan terhadap penyakit, depresi, dan bahkan kondisi kronis seperti penyakit jantung. Sebenarnya kita memiliki kekuatan dari dalam diri untuk mengubah kebiasaan, meningkatkan energi kita, sehingga merasa lebih baik dan di sinilah perlunya istirahat yang cukup.

Dan istirahat yang paling baik adalah tidur. Idealnya, orang dewasa membutuhkan tidur antara 7 sampai 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran beristirahat. Sementara hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas pada malam hari, termasuk hormon pertumbuhan. Karena begitu pentingnya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaat secara maksimal.

Itulah Tips Sehat dengan 10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat yang bisa kita terapkan. Semoga kita selalu sehat dan bahagia.

Belum ada Komentar untuk "10 Langkah Menuju Pola Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel