Cara Mudah Mengganti Background Foto Menggunakan Photoshop

Saat ini banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa kita temukan di smartphone. Cara mendapatkannya cukup mudah, kita tinggal mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Namun dari beberapa aplikasi edit foto yang pernah saya coba, ternyata banyak yang tidak work sehingga mau tidak mau saya harus kembali ke laptop.

Ada banyak software edit foto yang bisa kita instal di komputer atau laptop. Kita bisa menggunakan adobe photoshop dengan berbagai macam versi csnya. Selain photoshop kita juga bisa menggunakan photoscape, coreldraw , adobe illustrator atau software desain grafis lainnya. Kebetulan yang saya miliki saat ini adalah photoshop cs4 dan photoscape. Dalam hal edit foto, saya mengandalkan software favorit saya yaitu photoshop karena selain canggih, menurut saya photoshop adalah software yang friendly dan mudah digunakan dengan tool-toolsnya yang mudah dipahami.

Dengan software ini kita bisa mengedit, mengubah, memodifikasi foto sesuai dengan keinginan kita. Salah satu fitur dari photoshop yang sudah tidak asing lagi dan sering digunakan yaitu mengganti background foto sesuai dengan keinginan kita.

Seperti yang kita ketahui, cara ini banyak digunakan ketika membuat pas foto ataupun mengedit foto lainnya agar kelihatan lebih menarik. Memiliki foto-foto yang keren, kini bukanlah hal yang tidak mungkin. Kreasikan foto-foto anda sesuai dengan keinginan anda.
Photoshop editing Photoshop

Banyak cara mengganti background dan mengatur warnanya. Sebelum mempraktekkan, alangkah baiknya kita mengenal dulu satu persatu tool-tools photoshop yang digunakan untuk mengedit foto salah satunya adalah tool seleksi untuk mengganti background foto.

Baiklah langsung saja ke pembahasan cara mengganti background foto dengan mudah memakai adobe photoshop. Pertama-tama persiapkan dulu dua buah foto atau gambar yang terdiri dari foto atau gambar yang akan di edit  dan foto atau background sebagai latar belakang .
Untuk proses editing , saya biasanya menggunakan pen tool karena tool ini adalah yang paling mudah menurut saya, selain pen tool kita bisa menggunakan lasso tool.

Langkah-langkah mengedit foto


Cara mengganti background foto dengan photoshop 1


  •  Buka photoshop jika belum punya silahkan download. Pilih foto yang akan di ganti background aslinya dengan cara  klik menu file > open  kemudian pilih foto atau gambar yang akan di edit. Dalam tutorial ini misalnya saya menggunakan foto celana yang ceritanya celana tersebut sedang dijemur di atas rumput.



  • Buatlah seleksi pada gambar atau foto yang akan di edit dengan tool seleksi. Ada beberapa pilihan tool yang bisa digunakan yaitu pen tool dan lasso tool . Seleksi tool ini digunakan untuk memisahkan foto dari background foto aslinya. Cara menggunakan pen tool yaitu dengan mengarahkan kursor pada gambar target, kemudian klik dan klik hingga membentuk titik dan garis.



  • Dengan bertemunya titik berarti gambar sudah terseleksi semua. Kemudian klik kanan pilih make selection.



  • Selanjutnya akan terbuka jendela pop up feather radius setting angka 2 kemudian klik oke maka akan tampak garis putus-putus hasil dari seleksi.



  • Kemudian klik layer back ground yang ada gembok kuncinya, selanjutnya buka menu edit > copy.


Cara mengganti background foto dengan photoshop 2


  •  Selanjutnya klik menu file > open untuk mengambil foto atau gambar background yang sudah disiapkan. Anda bisa memilih new, atau langsung mengambil gambar yang sudah ada seperti contoh pada tutorial ini saya mengambil gambar lapangan rumput .



  • Langkah berikutnya masukkan foto hasil dari seleksi tadi ke dalam background foto dengan cara klik menu edit > paste sehingga foto posisinya di atas background foto, kemudian lakukan proses editing .



  • Biasanya foto yang kita pastekan ukurannya lebih besar dari background. Untuk mengaturnya gunakan move tool yang ada pada menu tool paling atas dan letakkan foto sesuai dengan keinginan anda.


Foto hasil editing sudah selesai. Silahkan coba tools lainnya. Dengan demikian anda akan bisa membandingkan tools mana yang menurut anda paling mudah untuk digunakan dalam proses edit foto .

Sebagai catatan, belajar  photoshop itu awalnya gampang-gampang susah ,membutuhkan waktu, khususnya bagi pemula. Sering-sering berlatih adalah kunci keberhasilan. Jadi tidak ada kata sulit jika kita mau belajar dengan sungguh-sungguh.

Demikianlah artikel saya yang membahas tentang cara mudah mengganti background foto menggunakan photoshop. Semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekurangan. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengganti Background Foto Menggunakan Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel