Cara Efektif Menghemat Listrik di Rumah

Listrik merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan. Saat ini ketergantungan masyarakat terhadap listrik sudah cukup tinggi. Ditambah lagi sejak adanya gadget sebagai penemuan di bidang informasi dan teknologi. Gadget bukan lagi merupakan barang mewah dan mahal sehingga memungkinkan orang bisa memilikinya. Dari anak-anak hingga orang dewasa sepertinya tidak bisa lepas dari gadget. Dengan semakin tingginya kebutuhan ini, semakin banyak anjuran untuk menghemat listrik.

Beberapa Cara Efektif Menghemat Energi Listrik di Rumah

Anjuran untuk hemat energi listrik memang ada benarnya. Dengan menghemat energi akan membantu program pemerintah untuk menjaga kelangsungan energi di negeri ini. Hemat energi tentunya bermanfaat yaitu dapat mengurangi biaya tagihan bulanan karena dalam rumah tangga kebutuhan tidak hanya berupa listrik saja. Masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Tidak bisa dipungkiri, kehidupan modern saat ini membuat manusia sangat bergantung pada listrik. Tagihan listrik yang mahal sering kali menjadi keluhan dalam rumah tangga. Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar yang panas, harus selalu menyalakan pendingin udara atau AC. Belum lagi pemakaian air, kebutuhan yang mengharuskan selalu terhubung dengan internet membuat anda harus menyalakan komputer atau laptop. Sikap tidak bijak dalam menggunakan listrik akan berujung pada membengkaknya tagihan listrik bulanan anda.

Nah, bagaimana cara efektif menghemat listrik guna menghemat pengeluaran bulanan untuk kebutuhan rumah tangga? Berikut ini beberapa cara efektif menghemat energi listrik di rumah.

Kurangi Penggunaan Alat Listrik
Anda dapat mengurangi penggunaan alat listrik. Kekerjan yang biasa dilakukan dengan alat listrik dapat dilakukan dengan cara manual. Anda dapat menghaluskan bumbu masak dengan cobek, memasak dengan tungku, mencuci baju dengan tangan, dan lain sebagainya.

Pilih Peralatan Elektronik dengan Fitur Hemat
Produsen peralatan elektronik telah didorong untuk menciptakan produk yang lebih ramah energi. Teknologi hemat energi misalnya diterapkan untuk mematikan secara otomatis TV yang tidak ditonton atau mematikan layar komputer setelah beberapa menit tidak digunakan.

Pakailah Lampu Hemat Energi
Lampu hemat energi dari jenis CFL dan LED menggunakan daya listrik yang jauh lebih kecil dari pada lampu filament (lampu kawat pijar) untuk menghasilkan daya terang yang sama.

Matikan Peralatan Listrik yang Tidak Digunakan
Menyalakan peralatan listrik yang tidak digunakan seperti televisi, AC, dan kipas angin saat meninggalkan ruangan merupakan pemborosan energi listrik. Cara efektif menghemat energi listrik denga mematikan peralatan listrik yang tidak diperlukan.

Gunakan Energi Listrik Lebih Efisien
Menyetrika pakaian sekali sehari akan lebih hemat listrik daripada menyetrika pakaian dalam jumlah yang sama dua kali sehari.  Demikian juga dengan mesin cuci. Energi listrik yang digunakan sebuah mesin cuci untuk mencuci 5 potong pakaian tidak jauh berbeda dengan energi yang diperlukan untuk mencuci 10 potong pakaian.

Ikuti Saran Penggunaan Alat Listrik Secara Hemat
Anda sebaiknya mengetahui bagaimana cara menggunakan alat listrik agar hemat energi. Misalnya sering membuka kulkas akan mengurangi efisiensi pendinginan di dalam kulkas. Membiarkan jendela terbuka pada ruang ber-AC akan mengurangi efisiensi pendinginan AC.

Buka Jendela di Siang Hari
Membuka jendeladi siang hari akan memaksimalkan pencahayaan di siang hari sehingga mengurangi kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu di siang hari. Membuka jendela juga bermanfaat untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah sehingga anda mungkin tidak memerlukan pendingin udara atau kipas angin.

Gunakan Tangki Penampung Air
Pompa air sebaiknya tidak sering dinyalakan karena setiap kali menyalakan pompa air, diperlukan daya listrik awal yang lebih besar. Jika anda menggunakan tangki penampung air, anda hanya perlu menyalakan pompa air sekali untuk mengisi tangki air sampai penuh sehingga bisa digunakan seharian.

Gunakan Barang Elektronik Sesuai Kebutuhan
Pilihlah barang-barang elektronik sesuai kebutuhan. Jika anda biasa mencuci pakaian kurang dari 5 kg, jangan membeli mesin cuci dengan kapasitas 8 kg. Jika kamar anda berukuran 3×4 meter persegi, tidak perlu menggunakan AC 2 PK.

Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa
Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat anda lebih bijak dalam menggunakan listrik.

Dengan menerapkan Cara Efektif Menghemat Energi Listrik di Rumah tentunya penggunaan listrik rumah tangga bisa menjadi lebih hemat. Intinya, penggunaan listrik secara sederhana di rumah bisa diminimalisir dengan melihat kebutuhan di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Menghemat Listrik di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel