5 Cara Efektif Mengajari Anak Membaca di Rumah


Sebagai orang tua, sudah pasti akan merasa senang jika anaknya pandai. Orang tua pasti bangga memiliki anak yang bisa membaca pada usia dini. Walaupun sebenarnya mengajarkan anak membaca pada usia dini tidak dianjurkan. Namun kenyataannya banyak orang tua yang kesannya memaksakan anaknya agar bisa membaca.

Berbicara mengenai membaca untuk anak usia dini sampai saat ini masih menimbulkan pro dan kontra. Jika kita melihat sistem pendidikan di Indonesia antara prasekolah atau Taman Kanak-kanak dengan Sekolah Dasar tampak tidak sejalan. Di satu pihak Kementerian Pendidikan melarang murid-murid TK atau Pra SD diajarkan calistung (baca, tulis, hitung), tetapi di lain pihak tidak sedikit SD yang mensyaratkan calon siswanya harus bisa membaca dan menulis sehingga diadakan seleksi masuk Sekolah Dasar dengan tes baca tulis.

Karena kebijakan itulah yang terkadang membuat orang tua merasa was-was jika mengetahui anaknya yang sudah duduk di bangku TK B belum juga bisa membaca.Berbagai cara pun dilakukan agar anak bisa membaca salah satunya mendatangkan guru privat atau memasukkan anak ke lembaga bimbingan belajar.

Sebenarnya mengajari anak membaca bisa dilakukan secara mandiri. Yang terkadang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya agar anak bisa cepat membaca. Memang tidak mudah ya, kuncinya adalah mengajari anak diperlukan kesabaran ekstra dan juga kelembutan agar anak tidak merasa terpaksa serta tidak merasa tertekan.

Nah , berikut ini beberapa poin penting yang harus diperhatikan orang tua yang ingin mengajari anak membaca secara mandiri.
Cara efektif mengajari anak membaca


Mengajari Membaca Sambil menyanyikan lagu

Kita semua tahu kan kalau dunia anak adalah bermain, bernyanyi adalah salah satunya. Belajar membaca sambil bernyanyi adalah cara yang paling mudah untuk diterapkan. Kita bisa mengajak anak menghafalkan huruf dengan menyanyikan lagu A B C D E F G sampai Z .Metode ini terbukti sangat efektif  karena anak akan lebih mudah mengingatnya. Selain itu, anak juga akan merasa senang karena menyanyi bagi anak adalah hal yang menyenangkan dan tentunya akan mengurangi rasa bosan.

Mengajari membaca dengan Media pembelajaran

Banyak sekali alat bantu belajar misalnya Karpet huruf  yang gambarnya huruf dan angka. Selain untuk alas bermain, karpet huruf bisa dijadikan media belajar. Metode belajar seperti ini lumayan efektif karena selain bermain anak juga bisa belajar mengenali huruf dan angka. Atau jika anda memiliki waktu luang , anda bisa membuatkan sendiri media pembelajaran dari kain flanel dalam bentuk papan flanel lengkap dengan huruf alphabet. Selain karpet huruf  dan papan flanel , video pembelajaran dan game-game pembelajaran saat ini juga banyak membantu orang tua dalam hal mengajari anak membaca, mengenal huruf dan angka. Video pembelajaran ini berupa aplikasi yang bisa didownload. Dengan media pembelajaran seperti ini , anak akan lebih antusias karena belajar menjadi lebih menyenangkan dengan suguhan gambar bergerak dan didukung audio visual yang sangat menarik sehingga proses belajar  tidak monoton.

Mengajari Membaca Sambil Bercerita

Sebagai orang tua tentunya pernah kan membacakan cerita atau dongeng kepada anaknya sebelum tidur ? Cerita atau dongeng bisa membangkitkan daya imajinasi anak. Ternyata mengajari anak sambil bercerita juga bisa dilakukan dengan cara membaca buku cerita bergambar. Biasanya anak cenderung tertarik dengan cerita fiktif misalnya kisah kancil dan buaya. Dengan membacakan cerita akan mendorong minat anak untuk membacanya sendiri. Dengan demikian anak akan lebih memiliki semangat dalam belajar membaca.

Konsisten 
 
Luangkan waktu untuk mengajari anak membaca setiap hari. Jangan terlalu lama agar anak tidak merasa bosan. Cukup 10 sampai 15 menit saja. Selanjutnya biarkan anak bermain lagi. Proses membaca setiap hari ini dibutuhkan untuk membantu anak lancar membaca.

Memahami Mood Anak

Memahami mood anak juga mendukung proses ketika belajar sedang berlangsung. Sebaiknya jangan memaksakan kehendak ketika anak sedang ngambek, mengantuk, atau lelah ketika diajak belajar karena anak pasti menolak dan yang dikawatirkan anak sudah tidak mau belajar lagi. Ketika mood anak sedang tidak baik sebaiknya alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain , bercanda atau menyuruhnya menyanyikan lagu. Jika mood anak sudah baik, ajak lagi belajar membaca yang mudah-mudah saja dulu. Jangan lupa memberikan pujian jika anak bisa membaca meskipun hanya satu kata saja. Karena pujian bagi anak bisa menjadi penyemangat dan tentunya membuat anak semakin senang.

Itulah  5 cara efektif mengajari anak membaca di rumah.
Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Efektif Mengajari Anak Membaca di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel